Argentina catat kenaikan tertinggi kasus harian COVID-19

id Argentina,COVID-19,rekor kasus harian

Argentina catat kenaikan tertinggi kasus harian COVID-19

Ernesto Fabian Aguire, seorang penggali kubur di pemakaman Memorial, membawa peti jenazah bersama rekannya dengan memakai alat pelindung diri selama latihan penguburan bagi pasien meninggal akibat virus corona (COVID-19), setelah angka kematian melewati 70.000 jiwa ditengah gelombang besar kedua pandemi, dan lambannya proses vaksinasi, di Buenos Aires, Argentina, Senin (17/5/2021). Gambar diambil 17 Mei 2021. REUTERS/Agustin Marcarian/RWA/djo (REUTERS/AGUSTIN MARCARIAN)

Buenos Aires (ANTARA) - Argentina mencatat jumlah tertinggi satu hari kasus baru COVID-19 sebanyak 41.080 pada Kamis (27/5), di tengah gelombang kedua infeksi, yang menjadikan negara itu menjadi salah satu negara yang paling terpukul parah di dunia.

Situasi memprihatinkan itu mendorong sistem perawatan kesehatan di Argentina mencapai titik keterbatasannya.

Negara dengan 45 juta penduduk itu sejauh ini telah mencatat total 3.663.215 kasus dan 76.135 kematian, menurut data resmi, menjadikannya salah satu negara dengan kematian per kapita terbanyak bersama dengan tetangganya Uruguay, Paraguay dan Brazil.

Argentina memulai penguncian ketat selama sembilan hari pada Sabtu untuk mengendalikan virus. Tetapi peluncuran program vaksinasi lebih lambat dari yang dijanjikan oleh pemerintah yang berideologi politik kiri-tengah Presiden Alberto Fernandez.

Langkah-langkah penguncian saat ini telah mencakup penangguhan pemelajaran di kelas sekolah secara langsung, pemberlakuan jam malam dan layanan restoran hanya untuk dibawa pulang.

Baca juga: Bujuk warganya ikut vaksinasi, California tawarkan hadiah Rp1,6 triliun