Banjir rendam ratusan rumah warga lima desa di Musi Rawas

id Banjir musi rawas, banjir sumsel, banjir pasenan, sungai lakitan, stl ulu terawas, banjir 2021,s

Banjir rendam ratusan rumah warga lima desa di Musi Rawas

Banjir merendam rumah warga di Desa Pasenan, Kabupaten Musi Rawas, Sumsel, akibat luapan Sungai Lakitan, Kamis (27/5/2021). (FOTO ANTARA/HO-BPBD Musi Rawas)

Air Sungai Lakitan meluap ke permukiman warga akibat intensitas hujan yang tinggi, katanya
Palembang (ANTARA) - Banjir akibat luapan Sungai Lakitan di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (27/5)  merendam ratusan rumah di lima desa yang ada di Kecamatan Selangit dan Suku Tengah Lakitan (STL) Ulu Rawas.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori, Kamis malam, saat dihubungi dari Palembang mengatakan lima desa yang dilanda banjir tersebut Desa Batu Gane, Muara Nilau, Prabumenang, Taba Gindo dan Pasenan.

"Air Sungai Lakitan meluap ke permukiman warga akibat intensitas hujan yang tinggi," katanya.

Baca juga: Tulang Bawang adakan simulasi penanganan bencana di tengah pandemi COVID-19

Tingginya debit air yang meluap ke pemukiman warga hingga ketinggian 1,5 meter membuat warga harus dievakuasi ke tempat yang aman, karena derasnya aliran yang masuk juga ikut menyeret rumah warga.

Menurutnya banjir di Desa Batu Gane merendam setidaknya tujuh unit rumah termasuk puskesmas desa (puskesdes), di Desa Muara Nilau banjir merendam 120 unit rumah, di Desa Prabumenang merendam 60 unit rumah termasuk masjid.

Selanjutnya di Desa Taba Gindo banjir merendam 60 unit rumah termasuk satu unit sekolah, Ansori menyebut kondisi banjir di empat desa tersebut berangsur surut pada Kamis sore.

Sementara banjir di Desa Pasenan terpantau juga baru berangsur surut, tim gabungan dari BPBD, Kodim 0406 Musi Rawas, Polres Musi Rawas, Unit Siaga SAR Musi Rawas Kantor Pencarian dan Pertolongan Palembang masih berupaya masuk ke lokasi.

Baca juga: BPBD Lampung mulai petakan potensi bencana daerah

"Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa, juga belum ada laporan warga yang mengungsi," tambah Ansori.

Sementara itu BMKG memprediksi kondisi hujan lebat disertai petir yang berpotensi meningkatkan debit air sungai di wilayah Sumsel masih berlangsung selama dua hari ke depan.

Pada 28 Mei sore hingga malam diprediksi hujan lebat terjadi di Kabupaten Lahat, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, Empat Lawang, Musi Rawas dan Kota Pagaralam.

Sedangkan pada 29 Mei sore hingga malam, hujan intensitas sedang hingga lebat diprediksi melanda Kabupaten Lahat, OKU Selatan, Empat Lawang, dan Kota Pagaralam, sehingga masyarakat diminta selalu waspada.