Riau catat kasus tertinggi COVID-19

id covid riau, indra yovi

Riau catat kasus tertinggi COVID-19

Indra Yovi. (ANTARA/HO-Tangkapan layar)

Pekanbaru (ANTARA) - Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Riau, Indra Yovi mengatakan bahwa jumlah kasus yang terjadi pada 26 Mei 2021 merupakan kasus harian tertinggi sepanjang wabah ini melanda Riau, yakni mencapai 739 kasus baru disertai dengan angka kematian 27 kasus.

"Dengan penambahan 739 kasus tersebut Provinsi Riau berada di peringkat satu nasional penyumbang kasus harian terbanyak," kata Indra Yovi di Pekanbaru, Kamis.

Dia mengatakan kasus pada 26 Mei 2021 merupakan kejadian kasus harian tertinggi di Riau selama hampir 1,5 tahun pandemi melanda Bumi Lancang Kuning ini.

"Jumlah angka kematian rata-rata mencapai 10-15 kasus per hari, dan dalam bulan ini saja pasien yang meninggal akibat COVID-19 lebih dari 300 orang," tambahnya.

Dia juga memperkirakan kasus pada Mei 2021 kemungkinan besar akan bisa menembus angka 15 ribu kasus dalam sebulan penuh. Sementara angka psikologis Riau di angka 1.000 per hari.

"Artinya kalau kasus mencapai 1.000 kasus per hari maka akan terjadi kesulitan tenaga kesehatan dalam menangani pasien COVID-19," jelas Yovi.

Untuk hari ini saja, lanjutnya, jumlah keterisian ruang isolasi di beberapa rumah sakit besar sudah mencapai 80 persen dengan angka keterisian ICU hampir 100 persen.

"Dalam beberapa hari terakhir rumah sakit besar di Pekanbaru menerima rujukan-rujukan pasien dari Kabupaten Siak, Pelalawan, Inhu, Kuantan Singingi, Kampar dan Bengkalis. Kita melihat jumlah kapasitas di kabupaten tersebut juga hampir 100 persen sehingga mereka harus mengirim ke Pekanbaru," pungkasnya.

Tak bosan, dia mewajibkan masyarakat untuk disiplin terapkan protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar