Menparekraf ajak masyarakat dukung Anugerah Desa Wisata 2021

id Menparekraf, sandiaga uno, pariwisata, desa wisata

Menparekraf ajak masyarakat dukung Anugerah Desa Wisata 2021

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (kedua kiri) dan artis Baim Wong (kiri) berbincang dengan warga saat sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di Kampung Wisata Banjar Tarukan, Desa Mas, Ubud, Gianyar, Bali, Rabu (26/5/2021). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf

Gianyar (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam ajang Anugerah Desa Wisata 2021.

"Anugerah Desa Wisata ini adalah bentuk keberpihakan, bentuk ekonomi yang berkeadilan membantu saudara-saudara kita yang betul-betul membutuhkan," ujar Sandiaga Uno saat sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di Kampung Wisata Banjar Tarukan, Desa Mas, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Rabu.

Sosialisasi tersebut dilakukan untuk memberikan contoh dan motivasi desa lainnya yang ada di seluruh Indonesia agar dapat ikut serta mendaftarkan dan berkompetisi dan menjadikan desa mereka sebagai pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga Uno yang juga didampingi artis Baim Wong serta Youtuber Yudist Ardhana meninjau berbagai potensi yang dimiliki desa wisata tersebut seperti potensi seni budaya, kuliner serta pengelolaan dan pelestarian alam.

"Melalui kegiatan promosi ini kami harapkan akan membangkitkan minat dari desa-desa wisata yang ada di seluruh Indonesia untuk mendaftarkannya," katanya.

Menurutnya, ajang Anugerah Desa Wisata 2021 merupakan bentuk keberpihakan pemerintah dalam pemulihan sektor parekraf nasional dan merupakan program unggulan Kemenparekraf untuk membangkitkan semangat para pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kami ingin desa wisata-desa wisata ini memenuhi tujuh kategori perlombaan antara lain Kontes Homestay, Kontes Toilet, Kontes CHSE, Kontes Desa Digital, Kontes Suvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Kontes Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan) dan Kontes Konten Kreatif," ungkap Sandiaga Uno.

Pihaknya menargetkan, pelaksanaan Anugerah Desa Wisata 2021 dapat diikuti oleh 500 desa wisata yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Desa wisata ini memberikan begitu banyak lapangan kerja, membuka peluang usaha dan dapat meningkatkan keterampilan masyarakat untuk digitalisasi jadi kami meningkatkan targetnya adalah 500 desa wisata yang berpartisipasi pada ajang Anugerah Desa Wisata 2021," katanya.

"Jadi jangan lupa, daftarkan desa kalian di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di laman www.jadesta.com/adwi2021 sampai 26 Juni 2021 mendatang dengan total hadiah miliaran rupiah," ujar Sandiaga Uno.