Kontra Afghanistan, Shin Tae-yong gunakan formasi 4-4-2

id timnas indonesia ,shin taeyong,kualifikasi piala dunia,pssi

Kontra Afghanistan,  Shin Tae-yong gunakan formasi 4-4-2

Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong (kelima dari kiri) memimpin latihan skuadnya di Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (20/5/2021). Timnas Indonesia akan menjalani tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab yaitu melawan Thailand pada 3 Juni 2021, lalu Vietnam pada 7 Juni 2021, dan Uni Emirat Arab pada 11 Juni 2021. (ANTARA/HO-PSSI/am.)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menggunakan formasi andalannya, 4-4-2, saat berlaga uji coba kontra Afghanistan di Dubai, Selasa (25/5) mulai pukul 23.00 WIB.

Dikutip dari keterangan resmi PSSI di Jakarta, Selasa, dalam susunan sebelas pertama skuad Garuda versus Afghanistan, Muhammad Ady Satrio diplot sebagai penjaga gawang.

Di depan Ady, ada deretan pemain belakang, mulai dari Firza Andika di kiri, Rachmat Irianto, Andy Setyo hingga Rifad Marasabessy sebagai bek kanan.

Kemudian, Shin memercayakan lini tengah kepada kwartet Osvaldo Haay, Ady Setiawan, Yakob Sayuri dan Witan Sulaeman.

Terakhir, di posisi ujung tombak ada duet Saddam Gaffar dan Muhammad Rafli.

Sebelumnya, Shin Tae-yong menegaskan laga uji coba melawan Afghanistan menjadi kesempatan untuk melihat sejauh mana kualitas organisasi permainan timnas.

Juru taktik asal Korea Selatan tersebut berharap agar para pemainnya fokus sepanjang pertandingan. Shin tidak ingin Evan Dimas dan kawan-kawan lengah karena bisa dimanfaatkan lawan untuk menciptakan keunggulan.

"Sejauh ini, performa anak-anak sangat baik dalam latihan. Mereka bekerja keras dan selalu bersemangat. Namun, latihan dan pertandingan itu sesuatu yang jauh berbeda. Jadi, kami akan melihat pertandingan melawan Afghanistan ini," kata pelatih timnas Korsel di Piala Dunia 2018 itu.

Pertandingan uji coba menghadapi Afghanistan menjadi bagian dari persiapan timnas Indonesia untuk menjalani tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Di Grup G, yang seluruh pertandingannya berlangsung terpusat di Uni Emirat Arab (UEA), skuad Garuda akan melawan Thailand pada 3 Juni 2021, lalu Vietnam pada 7 Juni 2021 dan Uni Emirat Arab pada 11 Juni 2021.

Selain Afghanistan, timnas Indonesia juga akan menjajal kekuatan Oman pada 29 Mei 2021 dalam partai persahabatan.