India pada Minggu laporkan kenaikan kasus harian virus corona sebanyak 240.842

id India, COVID-19,kasus harian

India pada Minggu laporkan kenaikan kasus harian virus corona sebanyak 240.842

Pemandangan kuburan pasir dangkal manusia, beberapa diduga meninggal akibat terinfeksi virus corona (COVID-19), di tepian Sungai Gangga di Phaphamau, pinggir kota Prayagraj, India, Jumat (21/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Ritesh Shukla/FOC/djo

New Delhi (ANTARA) - India pada Minggu melaporkan 240.842 infeksi baru COVID-19 selama 24 jam terakhir dan kematian meningkat 3.741.

Total infeksi di negara itu mencapai 26,5 juta sedangkan jumlah kematian total negara itu pada 299.266, menurut data dari kementerian kesehatan.

India memimpin dunia dalam jumlah rata-rata harian kematian baru yang dilaporkan, terhitung satu dari setiap tiga kematian yang dilaporkan di seluruh dunia setiap hari, menurut hitungan Reuters.

Lonjakan tajam penularan COVID-19 di India dipicu oleh pertemuan keagamaan yang berlangsung di Sungai Gangga dan berkumpulnya massa dalam protes politik warga kepada pemerintah.

Ketika rekor kasus infeksi yang berlangsung berturut-turut selama beberapa hari, India kekurangan oksigen dan tempat hunian di kamar darurat dipenuhi pasien. Lonjakan kematian akibat COVID juga menyebabkan India kekurangan kayu bakar untuk mengkremasi jasad korban COVID-19.

Sumber Reuters