Laga pamungkas jadi skenario juara, tiket Eropa dan playoff promosi-degradasi Liga Prancis

id liga prancis,lille,psg,monaco,lyon,marseille,rc lens,rennes,strasbourg,lorient,brest,nantes,liga champions,liga europa,l

Laga pamungkas jadi skenario juara, tiket Eropa dan playoff promosi-degradasi Liga Prancis

Bintang Paris Saint-Germain Neymar (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mengkonversi tendangan penalti ke gawang Reims dalam lanjutan Liga Prancis di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Minggu (16/5/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Franck Fife)

Jakarta (ANTARA) - Liga Prancis akan melangsungkan rangkaian laga pekan pemungkas digelar pada Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Gelar juara, tiket Liga Champions, tiket Liga Europa, tiket kualifikasi Liga Conference dan satu slot playoff promosi-degradasi masih ditentukan dalam pertandingan tersebut.

Siapa bisa juara?

Lille saat ini memimpin klasemen serta perburuan gelar juara dengan 80 poin, dibayangi juara bertahan Paris Saint-Germain yang hanya tertinggal satu poin dan secara matematis AS Monaco juga masih bisa juara.

Baca juga: Empat besar bisa buat Chelsea tenang hadapi final Liga Champions


Bagaimana skenario juara?

Lille jelas akan menjadi juara apabila bisa mengalahkan Angers, tanpa terpengaruh hasil pertandingan PSG.

PSG akan menjadi juara apabila mengalahkan Brest dan di laga lain Lille gagal meraih tiga poin penuh.

Sedangkan Monaco hanya bisa jadi juara jika menang atas RC Lens dan di waktu bersamaan Lille serta PSG kalah. Selain itu Monaco juga harus bisa mengejar ketertinggalan selisih enam gol dari Lille.


Bagaimana skenario tiket Liga Champions?

Prancis memperoleh kuota tiga tiket Liga Champions, dua tim teratas akan langsung tampil di fase grup sedangkan tim posisi ketiga memulai dari babak ketiga kualifikasi.

Lille sudah dipastikan akan memperoleh tiket Liga Champions, tetapi belum pasti mulai dari fase mana.

Selain PSG dan Monaco, yang juga terlibat dalam perburuan gelar juara, Olympique Lyon masih berkesempatan untuk mengejar tiket Liga Champions.
 
Baca juga: Atletico akan habis-habisan dalam laga pamungkas demi juara liga

Lyon berada di posisi keempat, hanya tertinggal satu poin dari Monaco dan tiga poin dari PSG. Kendati bisa menyamai poin PSG, Lyon tertinggal jauh dalam selisih gol, yakni sebanyak 17 buah.

Secara realistis, Lyon hanya berpeluang memperoleh tiket babak ketiga kualifikasi Liga Champions, yang hanya bisa diraih jika menang melawan OGC Nice dan di laga lain Monaco gagal meraih tiga poin penuh.

Bagaimana skenario tiket Liga Europa?

Prancis memiliki dua kuota tiket fase grup Liga Europa, satu seharusnya jadi milik jawara Piala Prancis. Berhubung PSG yang menjuarai Piala Prancis berpeluang finis di Liga Champions, maka tiket Liga Europa lungsur ke tim teratas yang belum memperoleh tiket Eropa.

Peringkat keempat hanya bisa diduduki oleh Monaco atau Lyon, jika mereka tersisih dari perebutan tiket Liga Champions.

Satu tiket Liga Europa lain bakal jadi rebutan Marseille dan RC Lens yang hanya dipisahkan tiga poin dan selisih enam gol.

Marseille secara matematis hanya butuh satu poin tambahan saat menghadapi Metz untuk mengunci tiket Liga Europa tanpa terpengaruh hasil Lens.

Lens wajib menang atas Monaco jika ingin memperoleh tiket Liga Europa, disertai syarat Marseille kalah di laga lain dan Lens bisa mengejar selisih enam gol yang ada.


Bagaimana dengan skenario Liga Conference?

Seperti negara-negara urutan lima besar koefisiensi UEFA, Prancis juga hanya memperoleh satu jatah Liga Conference berupa tiket babak playoff kualifikasi.

Mengingat Piala Liga Prancis mulai musim ini ditiadakan, maka jatah Liga Conference jatuh kepada tim urutan tertinggi di klasemen yang belum memperoleh tiket Eropa lainnya, yakni peringkat keenam.

Marseille bakal ke Liga Conference jika tersalip oleh Lens di laga pemungkas.

Rennes menjadi satu tim lain yang berpeluang meraih tiket Liga Conference, sebab mereka hanya tertinggal satu poin persis di bawah Lens.

Rennes akan memperoleh tiket Liga Conference jika menang melawan Nimes dan di laga lain Lens gagal meraih poin penuh. Rennes juga bisa memperoleh tiket Liga Conference hanya dengan hasil imbang, asalkan Lens kalah.


Masih adakah tim yang terancam terdegradasi?

Dua tim sudah dipastikan terdegradasi yakni Nimes dan Dijon, tapi masih ada satu tim yang nantinya akan mengikuti fase playoff promosi-degradasi jika finis di urutan ke-18.

Secara matematis, ada Strasbourg yang menempati urutan ke-15 dan tiga tim di bawahnya, Brest, Lorient dan Nantes masih terancam finis di urutan ke-18.

Dari keempat tim itu, dua di antaranya yakni Strasbourg dan Lorient akan menghadapi satu sama lain di laga pemungkas.

Strasbourg hanya butuh hasil imbang kontra untuk meloloskan diri dari ancaman playoff promosi-degradasi, sebab mereka unggul selisih sembilan gol atas Lorient. Strasbourg hanya akan finis di urutan ke-18 jika kalah melawan Lorient dan di laga lain Brest serta Nantes setidaknya meraih satu poin.

Lorient akan memastikan aman jika mengalahkan Strasbourg, tanpa peduli hasil laga lain. Lorient juga aman jika imbang melawan Strasbourg, asalkan Nantes tidak menang di laga lain.

Brest aman jika menang melawan PSG atau imbang, asalkan Nantes tidak menang.

Nantes saat ini paling terancam mengikuti playoff promosi-degradasi, tetapi mereka bisa finis hingga empat strip di atasnya. Kemenangan dipastikan akan membuat Nantes aman, sebab mereka setidaknya akan mengejar satu di antara Strasbourg atau Lorient. Nantes juga bisa aman jika meraih hasil imbang asalkan ada pemenang dalam laga antara Strasbourg vs Lorient.
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar