Puluhan kendaraan bermotor diberhentikan di pos pemeriksaan

id Posko Penyekatan,Arus Balik,Mudik,Larangan mudik,Bakauheni

Puluhan kendaraan bermotor diberhentikan di pos pemeriksaan

Petugas di posko penyekatan cek poin di Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Salatan, sedang melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen kelengkapan kepada pelaku perjalanan yang menggenukan kendaraan roda dua. Minggu, (16/5/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Puluhan kendaraan bermotor yang hendak menyeberang dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung diberhentikan oleh petugas gabungan di posko penyekatan di Pelabuhan Bakauheni untuk diperiksa kelengkapan dokumen perjalanan di masa pandemi COVID-19.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Minggu, masih banyak dari pengendara bermotor tersebut tidak melengkapi dokumen perjalanan, terutama surat bebas COVID-19 baik itu yang menggunakan tes cepat antigen, GeNose ataupun polymerase chain reaction (PCR).

Sehubungan itu, para pelaku perjalanan tersebut disarankan untuk melakukan rapid test antigen atau pemeriksaan GeNose di tempat yang telah disediakan.

Dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19 dari Pulau Sumatra ke Pulau Jawa, terlihat tidak hanya pelaku perjalanan dengan roda dua yang diberhentikan oleh petugas untuk diperiksa dokumennya, hal serupa pun juga diberlakukan kepada kendaraan roda empat.

Akibat dari banyaknya para pelaku perjalanan yang tidak melengkapi dokumen persyaratan sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Kasatgas COVID-19, posko cek poin di Pelabuhan Bakauheni terlihat antrean panjang pemudik yang menunggu surat keterangan dari petugas yang menyatakan bahwa mereka telah lengkap persyaratan dan berhak melanjutkan perjalanan.



 
Petugas di posko penyekatan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Ruas Bakauheni-Terbanggi besar, sedang melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen kelengkapan kepada pelaku perjalanan yang menggunakan kendaraan roda empat. Minggu, (16/5/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)



Sementara itu, kondisi Jalan di Tol Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) terpantau lancar  tanpa ada penumpukan atau antrean kendaraan di gerbang tol.

Pada KM 87 B dan 20 B JTTS ruas Bakter, semua kendaraan tanpa terkecuali harus melalui posko penyekatan arus balik. Di kedua posko tersebut petugas melakukan pemeriksaan dokumen kelengkapan perjalanan mereka.

Apabila persyaratan yang mereka bawa telah lengkap maka petugas mempersilahkan kendaraan tersebut melanjutkan perjalanannya.

Namun, jika tidak lengkap dan tidak ada surat rapid test atau GeNose dan PCR maka petugas menyarankan mereka melakukan swab antigen terlebih dahulu di tempat.

Pelaku perjalanan yang terindikasi reaktif saat diperiksa di tempat mereka akan menjalani isolasi selama lima hari.


 
Antrean pelaku perjalanan yang telah melakukan rapid test antigen atau pemeriksaan GeNose  (ANTARA/Dian Hadiyatna)

 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar