Arus kendaraan lintasi Tol Sumatera ruas Bakter masih lengang

id Arus balik,Penyekatan,COVID-19,Lampung.,Tol,JTTS

Arus kendaraan lintasi Tol Sumatera ruas Bakter masih lengang

Kondisi Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) pada H+4 Lebaran 2021. Minggu, (16/5/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Arus kendaraan yang melintasi Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni- Terbanggi Besar (Bakter) tampak lebih lengang pada  H+4 Lebaran dibandingkan sebelumnya, baik tujuan Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni atau sebaliknya tujuan daerah lainnya di Sumatera.

Berdasarkan pantauan di Tol Trans Sumatera ruas Bakter, Minggu, arus kendaraan tampak sedikit jika dibandingkan dengan kondisi sebelum larangan mudik diberlakukan.

Sementara itu, Koordinator Posko Penyekatan Arus Balik Lebaran yang juga Kabid Dokkes Polda Lampung AKBP Legowo H mengungkapkan meski puncak arus balik lebaran diperkirakan terjadi pada  Minggu (16/5), tapi yang lewat Tol Bakter ini belum ramai atau masih landai.
 
Namun begitu, ia pun berharap kondisi lalu lintas di JTTS ruas Bakter tetap landai atau tidak ramai sebab bila terlalu padat pun dapat berpotensi menimbulkan kerumunan di posko penyekatan dan akan menjadi sesuatu yang berbahaya.

Ia pun mengungkapkan bahwa semua posko penyekatan arus balik yang ada di wilayah Lampung akan bersiaga selama 24 jam dan dijaga oleh petugas gabungan dari TNI/Polri, serta instansi terkait dari pemerintah daerah setempat.

"Untuk batas akhir posko penyekatan semuanya situasional, namun alat-alatnya sudah kita siapkan sampai besok Senin (17/5/)," kata dia.

Dia pun mengungkapkan bahwa dari delapan posko penyekatan arus balik telah memeriksa sekitar 2.000 orang pelaku perjalanan yang hendak mengarah ke Pulau Jawa maupun Kota Bandarlampung dengan swab antigen maupun GeNose yang hasil dari ke semuanya non reaktif.

Sementara itu berdasarkan data dari PT Hutama Karya mencatat volume lalu lintas kendaraan yang melalui JTTS ruas Bakter mengalami peningkatan pada H+3 Lebaran.

Data terakhir pada Sabtu (15/5) kendaraan yang melintasi tol ruas Bakauheni- Terbanggi Besar tercatat sebanyak 30.242 unit baik itu pribadi maupun truk atau angkutan logistik.



 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar