Lewandowski samai rekor Gerd Mueller

id liga jerman,bayern muenchen,freiburg,robert lewandowski,gerd mueller,leroy sane,manuel gulde,christian gunter

Lewandowski samai rekor Gerd Mueller

Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski mengkonversi tendangan penalti untuk mencetak gol ke gawang SC Freiburg dalam lanjutan Liga Jerman di Stadion Schwarzwald, Freiburg, Jerman, Sabtu (15/5/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Thomas Kienzle)

Jakarta (ANTARA) - Robert Lewandowski sukses menyamai rekor gol Gerd Mueller kendati Bayern Muenchen gagal menang dan diimbangi dengan skor 2-2 oleh SC Freiburg dalam laga pekan ke-33 Liga Jerman di Stadion Schwarzwald, Sabtu.

Lewandowski menjebol gawang tuan rumah pada menit ke-26 untuk membawa Bayern memimpin, sekaligus mencetak gol ke-40 di Liga Jerman musim ini.

Raihan itu menyamai rekor serupa yang dimiliki legenda Bayern, Gerd Mueller, sebagai top skor Liga Jerman musim 1971/72 dan Lewandowski melakukan selebrasi dengan memperlihatkan pesan bertuliskan "4EVERGERD" di balik jerseynya.

Sementara rekan-rekannya di Bayern langsung membentuk formasi serupa guard of honour untuk memberi tepuk tangan penghormatan atas capaian Lewandowski.

Sayangnya, momen bersejarah itu tidak membuat pertandingan serta merta jadi sepenuhnya milik Bayern, sebab tiga menit kemudian Freiburg memberi balasan instan melalui tandukan Manuel Gulde dalam situasi sepak pojok.

Bayern nyaris merestorasi keunggulannya pada menit ke-39, tetapi sayang Leroy Sane yang sudah melewati bek Lukas Kuebler kemudian terpeleset dan peluang serangan balik Bayern itu berlalu.

Tujuh menit memasuki babak kedua Serge Gnabry sukses menjebol gawang tuan rumah dengan sontekan jarak dekat menyambut umpan tarik Sane, sayang gol itu segera dianulir oleh VAR karena offside.

Kendati demikian, pada menit ke-53 Bayern betul-betul merestorasi keunggulan mereka dengan kesigapan Sane mengonversi voli silang Thomas Mueller.

Freiburg nyaris membalas lagi pada menit ke-71 sayang tembakan Nicolas Hoefler masih mengenai tangan kiper Alexander Nubel sebelum bola disapu oleh Niklas Sule.

Empat menit berselang, Nubel kembali melakukan penyelamatan gemilang dengan keluar dari sarangnya untuk menutup ruang tembak Janik Haberer dalam situasi satu lawan satu.

Di ujung lapangan berbeda, Lewandowski berpeluang melampaui rekor Mueller, tetapi ia membuang dua kesempatan bagus ketika sepakannya dimentahkan oleh kiper Mark Flekken dalam situasi satu lawan satu.

Bola muntah bisa dikejar oleh Kingley Coman dan dikirimkan lagi ke arah Lewandowski, tetapi penyerang berkewarganegaraan Polandia itu gagal melakukan penyelesaian bersih dan sepakannya melambung lemah ke dalam pelukan Flekken.

Dua kegagalan itu harus dibayar mahal sebab pada menit ke-81 Chrsitan Gunter melakukan aksi individual dari tengah lapangan sebelum memperdaya Nubel dengan tembakan sudut sempit demi membuat kedudukan imbang 2-2.

Bayern berusaha merestorasi keunggulannya, tetapi sundulan Lewandowski menyambut umpan silang jauh kiriman Joshua Kimmich masih bisa ditepis oleh Flekken memaksa skor imbang bertahan hingga bubaran.

Hasil itu tak mempengaruhi posisi Bayern yang sudah juara dan duduk di puncak dengan koleksi 75 poin, sedangkan Freiburg (45) turun ke urutan ke-10, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Di pertandingan pemungkas musim ini, Bayern akan menjamu FC Augsburg di Allianz Arena pada Sabtu (22/5) pekan depan, ketika Freiburg bertandang ke Deutsche Bank Park menghadapi Eintracht Frankfurt.
 
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar