PT HK siapkan dua rest area untuk pemeriksaan dokumen kesehatan

id Lampung, hk, hutama karya, jalan tol, tol lampung, antigen, rest area, covid, covid lampung, corona lampung, corona, mudik, balik, arus balik, arus ba

PT HK siapkan dua rest area untuk pemeriksaan dokumen kesehatan

Pihak PT Hutama Karya sering melakukan pengecekan terhadap kondisi jalan tol, termasuk di ruas Bakauheni-Terbanggibesar, Lampung guna mengantisipasi padatnya arus kendaraan di libur panjang. (ANTARA/HO-HK)

Jika ada, dikasih stiker dan lolos. Jika tidak, akan diperiksa di tempat
Bandarlampung (ANTARA) - PT Hutama Karya (HK) ruas jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar menyiapkan dua rest area untuk pemeriksaan dokumen kesehatan oleh petugas kesehatan.

"Kami hanya menyediakan tempatnya saja di Rest Area Km 87 B dan Km 20 B. Sedangkan untuk penyediaan rapid test antigen disiapkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung," kata Branch Manager PT Hutama Karya Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Hanung Hanindito, di Bandarlampung, Sabtu.

Menurutnya, dengan adanya pengetatan pada arus balik mudik Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021 dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa yang melewati Provinsi Lampung akan dilakukan pemeriksaan oleh tim kesehatan dokter Polda Lampung di Rest Area Km 87 B dan Rest Area Km 20 B.

Ia mengatakan, kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan wajib membawa dokumen sesuai surat edaran (SE) dari satgas COVID-19 yaitu Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), surat tugas bagi ASN, TNI-Polri, dan surat keterangan hasil rapid test COVID-19 yang berlaku 1x24 jam.

Hanung menjelaskan, pemeriksaan dokumen kesehatan di dalam area tol rencananya akan mulai hari ini, 15 Mei 2021 sampai dengan selesai.

"Kami hanya menyiapkan prasarananya. Keputusan jam berapa akan dimulai, polda yang memutuskan. Seluruh alat pemeriksaan antigen disediakan oleh dinas kesehatan, kami menyediakan rest area sebagai tempatnya," katanya pula.

Dia menjelaskan, bagi mereka yang tidak punya dokumen kesehatan akan dilakukan tes di tempat atau pos pemeriksaan.

"Seluruh kendaraan dimasukkan ke rest area, lalu ditanya dokumen kesehatannya, jika ada, dikasih stiker dan lolos. Jika tidak, akan diperiksa di tempat.
Jika ketahuan positif akan dikarantina ke rumah sakit," ujarnya pula.
Baca juga: Penyekatan di Tol Trans Sumatera, 519 kendaraan diputar balik
Baca juga: Arus kendaraan di ruas Terpeka alami penurunan 42 persen dari arah pelembang