Juergen Klopp sudah selamati langsung Pep dan Gundogan atas gelar juara City

id juergen klopp,pep guardiola,ilkay gundogan,liverpool,manchester city,liga inggris

Juergen Klopp sudah selamati langsung Pep dan Gundogan atas gelar juara City

Manajer Liverpool Juergen Klopp salam kepalan tangan dengan manajer Manchester City Pep Guardiola selepas pertemuan kedua tim dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, pada 8 November 2020. (ANTARA/REUTERS/POOL/Martin Rickett)

Jakarta (ANTARA) - Manajer Liverpool Juergen Klopp mengaku sudah menyampaikan ucapan selamat langsung kepada koleganya Pep Guardiola serta bekas pemain asuhannya, Ilkay Gundogan, atas keberhasilan Manchester City menjuara Liga Premier Inggris musim ini.

Menurut Klopp, apa yang dicapai City musim ini merupakan raihan luar biasa yang patut diapresiasi.

"Raihan luar biasa, selamat. Saya sudah mengirim pesan pribadi kepada Pep dan Ilkay semalam," katanya dilansir laman resmi Liverpool, Rabu.

"Ini tahun yang sangat berat bagi seluruh dunia, termasuk sepak bola, sehingga yang City capai sejauh ini sangatlah luar biasa," ujar Klopp menambahkan.

Juru taktik asal Jerman itu juga mengakui kehebatan Guardiola serta City pada umumnya karena mampu meraih lima gelar juara dalam satu dasawarsa terakhir.

Sebagai perbandingan, Klopp sendiri hanya bisa membawa Liverpool juara musim lalu, yang menyudahi paceklik gelar liga tiga dasawarsa lamanya.

"Ketika Anda menggabungkan kemampuan finansial dengan pengetahuan sepak bola yang tepat, Anda berkesempatan untuk menciptakan sesuatu yang spesial dan itulah yang terjadi dengan City," kata Klopp.

"City punya skuad yang luar biasa, manajer terbaik di dunia, itu jelas jadi resep yang jitu," ujarnya melengkapi.

Musim ini Klopp gagal mengalahkan City dalam dua pertemuan, hanya berakhir imbang di Etihad dan kekalahan telak 1-4 di Anfield.

"Selalu menyenangkan menghadapi mereka, sebab dari sudut pandang sepak bola itu jadi tantangan besar. Anda bisa mengalahkan mereka hanya jika berada dalam kondisi terbaik," katanya.

"Kami bisa melakukannya dalam beberapa kesempatan, walau tahun ini itu tidak terjadi. Jadi, ini raihan yang pantas, sekali lagi selamat," pungkas Klopp.

Sementara City bakal menjalani pesta juara, Liverpool masih berjuang untuk finis di empat besar klasemen agar bisa tampil di Liga Champions musim depan.

Liverpool yang berada di posisi keenam dengan koleksi 57 poin, wajib menang kala melakoni laga tunda pekan ke-34 di markas Manchester United pada Kamis (13/5) waktu setempat (Jumat WIB), jika ingin memangkas jarak tujuh poin dari empat besar.