HK dukung larangan mudik dengan memperketat ruas tol

id lampung, hk, hutama karya, jalan tol, tol lampung

HK dukung larangan mudik dengan memperketat ruas tol

Pembukaan Apel Siaga oleh Branch Manager Ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung bersama Pihak Kepolisian Daerah setempat (Antaralampung/Hutama Karya)

Dengan adanya larangan mudik dan pembatasan kendaraan yang melintas, diprediksi lalu lintas kendaraan di JTTS akan mengalami penurunan hingga 23 persen dari lalu lintas normal sebelum adanya penyekatan, katanya

Bandarlampung (ANTARA) - PT Hutama Karya sebagai salah satu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) menyatakan sangat mendukung larangna mudik Lebaran 2021, salah satunya dengan memperketat lalu lintas kendaraan di ruas tol dan memberikan pelayanan yang optimal bagi pengguna jalan khususnya yang diperbolehkan melintas.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengatakan perusahaan menjamin seluruh kegiatan pendistribusian barang dipastikan akan tetap berjalan lancar dengan mengikuti peraturan yang berlaku. 

“Kendaraan barang tetap diperbolehkan untuk melintas asalkan tidak membawa penumpang dan sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Koentjoro dalam keterangan pers yang diterima di Bandarlampung, Jumat. 

Baca juga: Hutama Karya ruas Bakter lakukan pengawasan kendaraan ODOL

Ia menjelaskan persiapan yang dilakukan HK sampai saat ini dalam menghadapi momen Idul Fitri 1442 H yaitu melakukan patroli 24 jam dengan mendirikan pos pengamanan yang berkoordinasi dengan pihak kepolisian daerah setempat dan dipantau melalui 636 unit CCTV yang berada di setiap satu kilometer dengan kamera dua arah melalui sistem yang terintegrasi yang dapat diakses di sentral komunikasi tiap ruas tol.

Selanjutnya, mengoptimalisasi fasilitas umum yang tersedia seperti rest area, bengkel gratis, masjid, hingga memastikan suplai BBM dari setiap SPBU selalu tersedia. 

Selain itu, memberikan pelayanan cek kesehatan gratis di rest area dan melakukan perbaikan di berbagai titik yang mengalami kerusakan dan mempersiapkan standby coldmix sehingga apabila terjadi kerusakan dapat segera diperbaiki.

Baca juga: HK ruas Terpeka berikan santunan kepada anak-anak Yayasan Al-Huda

Koentjoro menjelaskan, pada prinsipnya HK mendukung sepenuhnya arahan dari pemerintah terkait larangan mudik. 

“Kami sangat mendukung arahan pemerintah dengan meniadakan mudik agar penyebaran COVID-19 menurun dan keadaan cepat membaik. Namun, berbagai persiapan tersebut tetap harus dilakukan demi memberikan pelayanan optimal bagi pengguna jalan yang masih diperbolehkan melintas.

Sementara penyekatan akan tetap dilakukan oleh pihak kepolisian dan dinas perhubungan daerah setempat di beberapa titik di JTTS. Pengguna jalan harus menunjukan surat tes rapid antigen/swab PCR dengan keterangan negatif, baru setelah itu diperbolehkan melintas dengan syarat-syarat lainnya sesuai peraturan pembatasan kendaraan yang boleh melintas,” kata Koentjoro.

Baca juga: Kendaraan melintas di ruas Tol Terpeka turun 24 persen dari biasanya

Ia mengatakan, dengan adanya larangan mudik dan pembatasan kendaraan yang melintas, diprediksi lalu lintas kendaraan di JTTS akan mengalami penurunan hingga 23 persen dari lalu lintas normal sebelum adanya penyekatan.

Namun, manajemen optimistis penurunannya tidak akan terlalu signifikan dibandingkan dengan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu mengingat bertambahnya ruas-ruas yang ada di JTTS sehingga diharapkan akan berdampak pada total lalu lintas yang ada di JTTS pada libur lebaran kali ini,” jelasnya.