12 juta lebih orang telah divaksin COVID-19

id Vaksinasi,COVID-19,jumlah vaksin ,target vaksin

12 juta lebih orang telah divaksin COVID-19

Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada pelaku usaha di Thamrin City, Jakarta, Senin (3/5/2021). Vaksinasi Covid-19 diberikan untuk para pedagang UKM, karyawan yg ada di lingkungan Thamrin City dengan target peserta vaksin sebanyak 2.000 orang. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sementara itu tercatat sebanyak 7.827.196 orang di antaranya telah menjalani vaksinasi kedua atau bertambah 148.711 orang

Jakarta (ANTARA) - Secara keseluruhan 12.545.372 orang di Indonesia telah divaksin COVID-19 yang terdiri dari petugas kesehatan, petugas layanan publik, serta para penduduk lanjut usia.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 yang diterima di Jakarta, Senin, angka itu menunjukkan telah terjadi penambahan 88.208 orang yang mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19 dibandingkan hari sebelumnya (Minggu, 2/5).

Sementara itu tercatat sebanyak 7.827.196 orang di antaranya telah menjalani vaksinasi kedua atau bertambah 148.711 orang.

Dengan penambahan itu maka 31,09 persen dari total 40.349.049 orang target sasaran vaksinasi tahap I dan tahap II telah mendapatkan dosis pertama Covid-19. Sementara baru 19,39 persen yang tercapai untuk vaksinasi dosis kedua.

Baca juga: Tempat wisata di Lampung tetap dibuka selama libur Lebaran

Secara terpisah, Kementerian Kesehatan mempersingkat alur vaksinasi Covid-19 sehingga diharapkan dapat mempersingkat waktu pelaksanaan penyuntikan vaksin.

"Kita sudah mengubah proses vaksinasi yang tadinya empat meja menjadi dua meja. Jadi tadi pagi sudah dilihat Bapak Presiden di Thamrin City dan Grand Indonesia, dari empat meja menjadi dua meja dan waktu tunggunya bisa 15 menit," kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi, dalam konferensi pers di Kantor Presiden Jakarta, Senin.

Sebelumnya dalam proses vaksinasi ada empat meja yang harus didatangi orang yang akan divaksin yaitu meja pertama adalah untuk verifikasi data dengan menunjukkan nomor tiket elektronik (e-ticket) dan/atau KTP. Petugas selanjutnya memverifikasi di aplikasi Pcare Vaksinasi (pada komputer/laptop/HP) atau secara manual.

Baca juga: Satgas ungkap kasus COVID-19 meningkat di seluruh provinsi di Sumatera

Meja kedua adalah pemeriksaan fisik sederhana meliputi suhu tubuh dan tekanan darah serta menanyakan kondisi penyerta (komorbid) orang yang akan divaksinasi.
 

Meja ketiga adalah penyuntikan vaksin di lengan sebelah kiri atau sesuai prinsip penyuntikan aman. Petugas lalu menuliskan nama sasaran, NIK, nama vaksin dan nomor batch vaksin pada memo untuk diberikan kepada petugas di meja empat.

Meja keempat adalah pencatatan hasil vaksinasi yaitu jenis vaksin dan nomor batch vaksin ke aplikasi. Petugas lalu memberikan kartu vaksinasi kepada peserta vaksinasi setelah melalui waktu 30 menit observasi.