Kalangan lanjut usia di Mataram siap divaksin akan dapat sembako

id sembako,vaksin,mataram

Kalangan lanjut usia di Mataram siap divaksin akan dapat sembako

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram Lalu Martawang. ANTARA/Nirkomala

Karena itu, kita berharap semoga dengan memberikan paket sembako bisa memotivasi lansia serta target percepat vaksinasi bisa terealisasi, katanya
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyediakan paket sembako bagi kalangan lanjut usia (lansia) yang siap divaksin COVID-19, sebagai salah satu upaya percepatan cakupan vaksinasi lansia.

"Hal itu sebagai ikhtiar kami memotivasi lansia agar mau datang ke pusat layanan vaksinasi COVID-19 yang telah kita siapkan baik siang maupun malam hari," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram Lalu Martawang di Mataram, Rabu.

Dikatakan, pemberian paket sembako bagi lansia yang bersedia divaksin COVID-19, merupakan hasil rapat dengan beberapa pihak terkait antara lain Dinas Kesehatan (Dinkes), perwakilan TNI/Polri, camat dan Baznas Kota Mataram dipimpin langsung oleh Sekda setempat, untuk mendongkrak percepatan vaksinasi lansia.

Baca juga: Lampung sediakan tempat karantina sementara antisipasi kedatangan pekerja migran

Pasalnya, dari data Dinas Kesehatan Provinsi NTB per tanggal 25 April 2021, tercatat cakupan vaksinasi lansia dosis tahap pertama di Mataram sebesar 38,8 persen atau 10.100 lansia, sedangkan dosis kedua 24,8 persen atau 6.452 lansia dari target sekitar 26 ribu lansia.

"Karena itu, kita berharap semoga dengan memberikan paket sembako bisa memotivasi lansia serta target percepat vaksinasi bisa terrealisasi," katanya usai mengikuti rapat percepatan vaksinasi lansia.

Baca juga: Wali Kota Bandarlampung perketat pengawasan di perbatasan terkait mudik lebaran

Martawang yang juga menjabat sebagai Plt Direktur RSUD Kota Mataram mengatakan, anggaran untuk menyiapkan paket sembako tersebut akan dialokasikan oleh Baznas Kota Mataram.

"Sejauh ini kami belum tahu berapa kebutuhan anggaran serta isinya apa saja. Untuk paket sembako sepenuhnya ditangani Baznas, dan mungkin saat ini sedang dipersiapkan sebab kita baru saja selesai rapat," katanya.