Bandara Radin Inten II prediksi penumpang naik 30 persen jelang larangan mudik

id Larangan mudik, bandara Radin inten, lonjakan penumpang,penumpang bandara radin inten

Bandara Radin Inten II prediksi penumpang naik 30 persen jelang larangan mudik

Penumpang di Bandara Radin Inten II Lampung yang hendak bepergian. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Kenaikan diprediksi 30 persen di bulan April menjelang pelarangan mudik
Bandarlampung (ANTARA) - Pengelola Bandara Radin Inten II Lampung memprediksi penumpang pesawat akan naik 30 persen menjelang pelarangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021 mendatang.

"Adanya pelarangan mudik Lebaran oleh pemerintah pusat tentu kita patuhi, akan tetapi operasional bandara tetap akan ada untuk mengangkut logistik," ujar EGM Bandara Radin Inten II Lampung M Hendra Irawan, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan mendekati pelaksanaan pelarangan mudik, diprediksi akan terjadi kenaikan jumlah penumpang sebanyak 30 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

"Kenaikan diprediksi 30 persen di bulan April menjelang pelarangan mudik, dari bulan sebelumnya dengan total 37.341 penumpang," ujarnya pula.

Dia menjelaskan pada periode 1 hingga 18 April 2021, jumlah kedatangan penumpang mencapai 13.607 orang, sedangkan keberangkatan mencapai 12.585 orang.

"Di bulan April ini frekuensi penerbangan per hari 13 sampai 14 penerbangan dengan jumlah penumpang kurang lebih 1.500 orang per hari, dari lima maskapai rutin beroperasi," ujarnya pula.

Menurutnya, langkah antisipasi adanya lonjakan penumpang sebelum penerapan larangan mudik, pihak bandara telah menyiapkan pengetatan pengawasan protokol kesehatan guna mencegah persebaran COVID-19 di area bandar udara.

"Untuk antisipasi kami akan melakukan pengetatan pengawasan protokol kesehatan, lalu saat ini untuk memfasilitasi penumpang dalam memenuhi syarat penerbangan melalui GeNose C19, dan tes usap antigen," katanya lagi.

Selama periode 1 Januari hingga 18 April total penumpang berjumlah 123.002 orang, lalu jumlah penerbangan mencapai 1.695 kali pesawat, dan untuk kargo 372.968.
Baca juga: Bandara Radin Inten layani 26.522 penumpang selama Februari
Baca juga: Bandara Radin Inten II catat kenaikan jumlah penumpang selama libur akhir tahun