Pemprov Jambi salurkan 11.000 paket sembako murah untuk bantu warga masyarakat di 11 kabupaten/kota

id paket sembako murah jambi

Pemprov Jambi salurkan 11.000 paket sembako murah untuk bantu warga masyarakat di 11 kabupaten/kota

Penyaluran paket sembako murah kepada warga di Jambi. Pemerintah Provinsi Jambi menyalurkan 11 ribu paket sembako murah kepada masyarakat. (Antara/Muhamad Hanapi)

Jambi (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jambi menyalurkan 11.000 paket sembako murah untuk membantu masyarakat di sebelas kabupaten/kota di daerah itu saat bulan suci Ramadhan 1442 H.

"Tahun ini pemerintah menyediakan 11.000 paket sembako murah yang telah disubsidi untuk masyarakat di 11 kabupaten/kota di Jambi," kata Plt Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Zidni di Jambi, Senin.

Paket-paket sembako tersebut secara bertahap didistribusikan ke kabupaten/kota. Paket sembako yang telah disalurkan di antaranya ke Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Selanjutnya pada hari ini, Senin disalurkan ke Kabupaten Bungo dan Tebo, dan pada hari Kamis (22/4) ke Kabupaten Merangin dan Sarolangun.

Melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jambi tahun 2021, pemerintah daerah itu mensubsidi paket sembako murah untuk masyarakat. Dengan total alokasi anggaran sebesar Rp550 juta, setiap paket sembako disubsidi sebesar Rp50 ribu.

Satu paket sembako murah berisi 5 kilogram beras premium, satu kilogram gula pasir dan satu liter minyak goreng. Paket tersebut nilainya Rp85 ribu, namun masyarakat hanya perlu membayar Rp35 ribu per paket karena sudah disubsidi oleh pemerintah.

"Satu paket nilainya Rp85 ribu, karena sudah disubsidi sehingga masyarakat hanya perlu membayar Rp35 ribu," kata Zidni.

Dari 11 ribu paket sembako tersebut, 6.600 paket sembako di peruntukan untuk 10 kabupaten dan kota, yakni Kabupaten Merangin, Kerinci, Sarolangun, Bungo, Tebo, Batanghari, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Kota Sungai Penuh. Masing-masing kabupaten mendapatkan 600 paket sembako.

Selanjutnya 3.300 paket di peruntukan untuk 11 kecamatan di Kota Jambi dan 1.100 paket akan di peruntukan untuk bazar di BKOW Jambi.

"Teknis penyaluran paket sembako kepada masyarakat di serahkan kepada daerah masing-masing, dengan ketentuan menerapkan protokol kesehatan COVID-19," kata Zidni.

Untuk menghindari kerumunan, pengambilan paket sembako dengan sistem keterwakilan. Dimana untuk 10 orang warga yang telah mendapatkan kupon, cukup di wakilkan kepada satu orang saja.
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar