Sandiaga yakin vaksinasi percepat pemulihan ekonomi kreatif

id sandiaga uno,vaksinasi,covid-19,ekonomi kreatif

Sandiaga yakin vaksinasi percepat pemulihan ekonomi kreatif

Presiden Joko Widodo menyaksikan penyuntikan vaksin COVID-19 untuk musisi Bimbim Slank sebagai perwakilan seniman dan budayawan yang mendapat vaksinasi di Galeri Nasional Indonesia Jakarta pada Senin (19/4). (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yakin vaksinasi yang dilakukan terhadap seniman dan budayawan dapat mempercepat pemulihan sektor ekonomi kreatif.

"Kita harapkan sumbangsih Rp1.100 triliun dari sektor ekonomi kreatif ini paling tidak kita pertahankan dan justru ada kesempatan dan peluang untuk bangkit dan pulih kembali. Jadi kita ini penyumbang nomor tiga PDB terbesar di dunia setelah Amerika dan Korea," kata Sandiaga Uno di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Senin.

Sandiaga menyampaikan hal tersebut saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam acara vaksinasi massal bagi para budayawan dan seniman se-Jabodetabek.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menilai kebijakan vaksinasi massal bagi para pekerja di sektor ekonomi kreatif ditambah beragam kebijakan lainnya dapat mendorong pemulihan ekonomi di sektor tersebut yang menjadi salah satu penyumbang besar bagi produk domestik bruto (PDB) Indonesia.



"Kita harus sama-sama berjuang melawan pandemi dan dengan penekanan pada vaksinasi, 3M, dan 3T, kita bisa menekan angka penularan COVID-19. Jika pandemi ini terkendali, kita bisa pulih kembali, maka sektor ekonomi kreatif juga akan segera bangkit," tambah Sandiaga.

Antusiasme dan optimisme juga ditunjukkan oleh komedian Lies Hartono atau yang biasa disapa Cak Lontong yang menjadi salah satu peserta vaksinasi massal tersebut.

"Saya mengatakan di sini (vaksinasi) wajib kita laksanakan dan diterima oleh masyarakat karena ini adalah yang terbaik yang bisa dilakukan masyarakat dan pemerintah untuk menghadapi masa COVID-19 ini," kata Cak Lontong.

Ia mengatakan bahwa mengikuti program vaksinasi tersebut merupakan hal yang harus dilakukan untuk dapat membantu pemerintah dalam mengupayakan penanganan pandemi.

"Teman-teman seniman dan budayawan antusias menjalani vaksinasi ini dan diharapkan bisa menularkan dan memberi semangat optimisme dan positif kepada masyarakat," ungkap Cak Lontong.

Turut hadir dalam acara peninjauan vaksinasi tersebut antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sekitar 500-an peserta yang berkreasi di bidang musik, film, kesenian tradisional, budayawan lokal, hingga yang tergabung dalam Komunitas Salihara berpartisipasi untuk menerima suntikan dosis vaksin COVID-19.

Sedangkan para seniman dan budayawan yang terlihat hadir berpartisipasi di antaranya Cak Lontong (komedian), Bimbim Slank (musisi), Widi Mulia Sunarya (musisi), Ayu Utami (penulis), Polo Srimulat (komedian), Hanafi (perupa), Edo Kondologit (musisi), Hartarti (koreografer) dan Nicholas Saputra (aktor).
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar