Miniatur masjid limasan dari rengginang dibuat The Sunan Hotel

id Miniatur masjid, hotel sunan

Miniatur masjid limasan dari rengginang dibuat The Sunan Hotel

Miniatur masjid yang terbuat dari rengginang di The Sunan Hotel Solo (ANTARA/Aris Wasita)

Solo (ANTARA) - The Sunan Hotel Solo membuat miniatur masjid model limasan dari rengginang untuk menyambut Ramadhan dan Lebaran 2021.

"Miniatur masjid ini terinspirasi dari masjid yang ada di Jawa dengan model limasan. Untuk bahan baku rengginang sendiri karena di kampung halaman biasanya ada suguhan rengginang pada saat Lebaran," kata General Manager The Sunan Hotel Solo Retno Wulandari di Solo, Kamis.

Rengginang sendiri merupakan penganan yang dibuat dari beras ketan dan ditanak, dibentuk lempeng bulat kemudian dikeringkan, lalu digoreng.

Ia mengatakan miniatur masjid berbahan dasar makanan tradisional tersebut disusun menggunakan lem berbahan cokelat putih. Menurut dia, miniatur tersebut berdiameter 200 cm dan tinggi 180 cm.

"Untuk proses pengerjaannya membutuhkan waktu selama tujuh hari dan membutuhkan sebanyak 20 kg rengginang," katanya.

Untuk pengerjaan sendiri dilakukan oleh tim kreatif The Sunan Hotel Solo.

Ia mengatakan rencananya miniatur masjid tersebut akan dipajang selama satu bulan hingga Lebaran mendatang. Ia berharap miniatur tersebut bisa menjadi salah satu ikon yang bisa dimanfaatkan untuk swafoto masyarakat yang datang ke Solo.

"Bukan hanya miniatur masjid tetapi juga bedug raksasa untuk menyemarakkan Ramadhan kali ini. Harapan kami mereka pulang dari Solo bisa membangun kenangan mengenai kampung halaman," katanya.

Sementara itu, selain menyiapkan suasana dekoratif, pihaknya juga menyediakan berbagai paket untuk hantaran Ramadhan.

"Kami juga ada paket menu buka puasa secara prasmanan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan batasan jumlah pengunjung," katanya.*
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar