Organda Lampung dorong penggunaan GeNose secara lebih luas

id Jelang ramadhan, GeNose C19, moda transportasi

Organda Lampung dorong penggunaan GeNose secara lebih luas

Ilustrasi- Masyarakat yang hendak bepergian melalui moda transportasi udara di Lampung. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Organisasi Angkutan Daerah Lampung mendorong penggunaan tes GeNose C19 secara lebih luas sebagai salah satu alternatif syarat bagi pelaku perjalanan jelang mudik lebaran.

"Kita minta agar penggunaan GeNose dapat dilakukan secara lebih luas di setiap titik keberangkatan di Provinsi Lampung, terutama jelang mudik Lebaran," ujar ketua Organda Lampung, Ketut Pasek di Lampung, Jumat.

Ia mengatakan perluasan penggunaan GeNose C19 sebagai salah satu tes alternatif bagi persyaratan pelaku perjalanan perlu dilakukan untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan fasilitas tes COVID-19.

"Bila ada GeNose tentu akan membantu dan lebih mempermudah masyarakat karena harga yang terjangkau, sehingga masyarakat tinggal memilih akan menggunakan tes yang mana sesuai kebutuhan," katanya.

Ia mengatakan Organda sebagai asosiasi bisnis transportasi siap membantu dalam pengadaan tes GeNose di terminal guna mempermudah masyarakat pengguna moda transportasi dalam melakukan perjalanan.

"Tes GeNose C19 ini merupakan alternatif tes bagi syarat perjalanan pengguna moda transportasi dan kita terus dorong agar ini dapat digunakan di setiap titik keberangkatan, dan kami siap membantu," ucapnya.

Dia mengharapkan agar GeNose dapat segera disiapkan Pemerintah sebagai salah satu penerapan protokol kesehatan dalam melakukan perjalanan.

"Berdasarkan informasi yang ada di Terminal Rajabasa dalam waktu dekat akan menggunakan GeNose dan dengan adanya hal ini kami antusias agar di stasiun, pelabuhan Bakauheni ataupun titik keberangkatan dapat menggunakannya juga," ujarnya lagi.

Sebelumnya diketahui Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) nomor 12 tahun 2021 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi COVID-19.

Salah satu poin aturan dalam surat edaran tersebut yakni memperbolehkan pelaku perjalanan menggunakan GeNose sebagai alat tes bebas COVID-19 sebelum bepergian dan menjadikannya syarat perjalanan bagi semua moda transportasi laut, darat, dan udara mulai 1 April 2021.
 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar