XL Axiata perkirakan trafik jaringan akan naik 10 persen saat Ramadhan

id xl axiata,jaringan telekomunikasi

XL Axiata perkirakan trafik jaringan akan naik 10 persen saat Ramadhan

Dokumentasi-Seorang teknisi XL Axiata sedang memeriksa BTS. ANTARA/HO-XL Axiata

Jakarta (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memperkirakan trafik jaringan diperkirakan akan meningkat hingga 10 persen selama Ramadhan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat lagi hingga 20 persen saat masuk di masa libur Lebaran.

"Belajar dari tahun lalu, trafik penggunaan layanan sepanjang Ramadhan dan Lebaran mengalami kenaikan yang signifikan, bahkan saat pandemi berlangsung dan berlaku pembatasan pergerakan masyarakat," kata Direktur Komersial XL Axiata, David Arcelus Oses dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Kamis.

Agar pelanggan tidak alami kesulitan berkomunikasi, perusahaan telah menyiapkan jaringan yang bisa mengakomodir semua peningkatan trafik tersebut dengan menambah kapasitas hingga 200 persen dibandingkan kapasitas harian.

Selain itu, optimalisasi jaringan juga dilakukan dengan melihat kemungkinan pergerakan masyarakat atau pelanggan. Karena itu, kebijakan pemerintah yang melarang mudik saat Lebaran akan menjadi arahan untuk lebih memperkuat jaringan di area pemukiman, tanpa mengurangi kualitas jaringan di lokasi-lokasi wisata.

Layanan-layanan digital yang bisa membantu pelanggan beribadah serta bersilaturahmi diperkirakan akan banyak diakses masyarakat. Aplikasi-aplikasi yang menyediakan e-book kemungkinan akan banyak diakses guna mendapatkan Al Quran atau buku-buku agama versi digital.

Selain itu, aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk bersilaturahmi secara daring juga kemungkinan akan semakin banyak diakses. Tradisi Ramadhan dan Lebaran juga mendorong masyarakat untuk mempererat silaturahmi.

Aplikasi yang memungkinkan pertemuan beramai-ramai seperti untuk sekolah daring akan dimanfaatkan juga untuk silaturahmi keluarga dan komunitas.

"Kemungkinan kenaikan trafik juga akan terjadi pada aplikasi-aplikasi yang menyediakan sarana hiburan dan gaya hidup, terutama streaming musik, film, video, dan gim.