Kapal kargo milik Belanda terapung di Norwegia usai evakuasi yang dramatis

id Kapal kargo,Norwegia,Belanda,evakuasi awak kapal

Kapal kargo milik Belanda terapung di Norwegia usai evakuasi yang dramatis

Ilustrasi kapal kargo di pelabuhan Lianyungang, Provinsi Jiangsu, China, Sabtu (9/11/2019). ANTARA/REUTERS/CHINA STRINGER NETWORK/tm

Oslo (ANTARA) - Awak kapal kargo Belanda dievakuasi dalam cuaca badai di lepas pantai Norwegia pada Senin (5/4/2021) malam, meninggalkan kapal yang terapung-apung dan dalam bahaya tenggelam, kata pejabat setempat pada Selasa.

Rekaman yang dirilis oleh Pusat Koordinasi Penyelamatan Norwegia menunjukkan beberapa dari 12 anggota awak melompat ke laut dari kapal Eemslift Hendrika, yang sangat oleng, sebelum diselamatkan dengan helikopter. Yang lainnya diangkat langsung dari geladak.

Semua dibawa ke tempat aman, tetapi kapal itu --yang saat ini berjarak sekitar 130 km (80 mil) dari lepas pantai di Laut Utara-- berisiko tenggelam, kata seorang pejabat Norwegia.

"Kapal kehilangan tenaga pada mesin utama pada malam hari dan hanyut menuju darat," kata Hans Petter Mortenson dari Badan Administrasi Maritim Norwegia, kepada saluran penyiaran publik NRK.

"Ada risiko kapal itu bisa terbalik dan tenggelam," kata Mortenson. 

Ia menambahkan bahwa keadaan kapal itu bisa menyebabkan tumpahan solar dan bahan bakar minyak dari tangki-tangki mereka.

Eemslift Hendrika, yang berukuran 111,6 meter, dibangun pada 2015 dan terdaftar di Belanda.

Kapal tersebut merupakan kapal pengangkut yacht dan membawa kapal-kapal kecil di geladaknya, menurut Starclass Yacht Transport yang berbasis di Monaco, yang memasarkan layanan kapal tersebut. 



Sumber: Reuters

Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar