Tottenham Hotspur tersandung di markas Newcastle

id liga inggris,tottenham,newcastle,joelinton,joe willock,harry kane

Tottenham Hotspur tersandung di markas Newcastle

Pemain sayap Newcastle United Joe Willock (kedua kiri) mencetak gol untuk memaksakan hasil imbang kontra Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion St. James' Park, Newcastle, Inggris, Minggu (4/4/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Stu Forster)

Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur tersandung di markas Newcastle United dan hanya meraih hasil imbang 2-2 dalam laga pekan ke-30 Liga Inggris di Stadion St. James' Park, Minggu.

Hasil itu menjegal ambisi tim besutan Jose Mourinho menembus empat besar dan hanya cukup untuk naik ke posisi kelima dengan koleksi 49 poin, masih tertinggal dua poin di belakang Chelsea (51).

Sedangkan Newcastle (29) memelihara asa dalam persaingan menghindari degradasi dan untuk sementara tetap berada di urutan ke-17 dengan jarak aman tiga poin dari zona merah.

Hanya saja, Newcastle bisa tergelincir ke zona degradasi jika Fulham, yang punya keunggulan selisih gol, meraih kemenangan atas Aston Villa dalam pertandingan lebih larut, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Newcastle yang memasuki pertandingan dengan tren enam pertandingan nirmenang tampak berusaha keras memperbaiki catatan buruk tersebut, tetapi dua peluang bagus mereka lewat Dwight Gayle digagalkan oleh aksi penyelamatan gemilang beruntun Hugo Lloris pada menit ke-19.

Kerja keras Newcastle membuahkan hasil pada menit ke-28 saat sapuan buruk Davinson Sanchez berhasil dimanfaatkan oleh Sean Longstaff yang mengirim umpan tarik demi dikonversi jadi gol oleh Joelinton.

Namun, keunggulan itu tak bertahan lama, sebab dua menit berselang Tottenham mampu membuat kedudukan kembali imbang saat umpan terobosan Tanguy Ndombele diteruskan Giovanni Lo Celso ke arah Harry Kane yang tinggal menyontek bola di muka gawang tuan rumah.

Lantas pada menit ke-34, Tottenham berhasil berbalik unggul atas Newcastle saat Kane mencetak gol keduanya memanfaatkan umpan terobosan apik kiriman Tanguy Ndombele dan menyelesaikannya dengan tembakan silang yang tak terjangkau kiper Martin Dubravka.

Setelah unggul, Tottenham malah seperti kehilangan gairah mereka untuk menyerang, bahkan Lloris dipaksa melakukan penyelamatan akrobatik untuk menepis tembakan melengkung Miguel Almiron pada awal babak kedua.

Lantas pada menit ke-62, Joelinton membuang sia-sia peluang emas di muka gawang Tottenham hasil kiriman umpan voli Gayle.

Tottenham seperti baru bangun dari tidur pada pertengahan babak kedua dan Japhet Tanganga hampir menambah keunggulan tim tamu pada menit ke-67 jika saja sundulannya yang sudah menaklukkan Dubravka tak dihadang oleh Almiron sebelum melewati garis gawang.

Pada menit ke-85, Tottenham melancarkan serangan balik menciptakan situasi tiga lawan dua di lini pertahanan Newcastle, sayang penyelesaian Kane malah membentur tiang gawang.

Insiden itu seolah menjadi pertanda buruk bagi Tottenham sebab beberapa detik kemudian, Newcastle mampu menyamakan kedudukan saat bola sundulan Almiron yang memantul ke badan Sanchez disambar dengan sepakan keras oleh Joe Willock ke langit-langit gawang tim tamu.

Skor 2-2 bertahan hingga bubaran, sesuatu yang patut diraih Newcastle yang tampil agresif sepanjang laga dengan melepaskan 22 percobaan tembakan, dua kali lipat lebih banyak dari yang dilakukan Tottenham.

Pada Minggu (11/4) pekan depan, Newcastle akan bertandang ke markas Burnley sementara Tottenham menjamu Manchester United di London.