Berita pekan ini, Wagub sebut persatuan umat beragama tangkal radikalisme

id Persatuan umat agama, tangkal radikalisme, Pemprov Lampung

Berita pekan ini, Wagub sebut persatuan umat beragama tangkal radikalisme

Wagub Lampung Chusnunia Chalim (ANTARA/Ardiansyah)

Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mengatakan bahwa dengan menjaga persatuan umat beragama dapat menangkal paham radikalisme di masyarakat.

"Dengan adanya peristiwa yang terjadi di Kota Makassar, masyarakat diharapkan jangan terprovokasi, serta jangan gentar," ujar Chusnunia Chalim di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan untuk menangkal adanya paham radikalisme di tengah masyarakat diharapkan semua umat beragama dapat saling menjaga persatuan dan kesatuan.

"Jangan gentar kita harus menjaga stabilitas dan kesatuan yang ada, sebab tidak ada satu agama pun yang mengajarkan kebencian ataupun melakukan tindakan yang melanggar Hak Asasi Manusia (HAM)," katanya.

Dia mengatakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut perlu peran serta masyarakat dalam menangkal beragam indikasi mencurigakan.

"Bila ditemukan indikasi penyimpangan ideologi, masyarakat diharapkan dapat segera melaporkan hal tersebut, agar dapat dilakukan pembinaan," ucapnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Mohammad Bahruddin.

"Radikalisme bersumber dari pemahaman yang salah, sehingga kesalahan pemahaman tersebut harus diluruskan, dan kita cegah adanya penyebaran ideologi yang salah tersebut," ujarnya.

Menurutnya, untuk menangkal beragam konflik, umat beragama diharapkan dapat terus menjaga kerukunan dan persatuan.

"Kita harus jaga persatuan dan kesatuan bangsa, bila ada perbedaan bukan menjadi sebuah permasalahan namun merupakan kekayaan yang dimiliki," katanya.