Disparbud merilis empat daerah Jabar paling banyak dikunjungi wisatawan, Bandung nomor satu

id daerah wisata favorit di jabar, jabar, wisata jabar, disparbud jabar

Disparbud merilis empat daerah Jabar paling banyak dikunjungi wisatawan, Bandung nomor satu

Pengunjung menyusuri aliran sungai menggunakan ban dalam (river tubing) di Desa Wisata Sindangkasih, Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (14/3/2021). Destinasi wisata pedesaan yang dikelola oleh masyarakat setempat guna meningkatkan ekonomi warga tersebut menawarkan petualangan menyusuri sungai, lokasi berfoto, wahana bermain anak dan rumah kayu bagi pengunjung. ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah/wsj.

Kota Bandung jadi daerah paling banyak dikunjungi dengan 2.431.290 wisatawan
Bandung (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat (Jabar) merilis empat daerah di wilayah Jabar yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Sabtu, total ada 35.609.459 wisatawan yang telah berwisata ke berbagai objek wisata di Jabar sepanjang tahun 2020.

"Provinsi Jawa Barat kaya akan potensi wisata yang tersebar di 27 kota dan kabupaten. Pariwisata juga diharapkan menjadi tumpuan bangkitnya perekonomian di Jabar yang sempat anjlok akibat pandemi COVID-19," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik.

Berikut ialah empat daerah di Jabar yang menjadi tujuan favorit para wisatawan yakni pertama Kota Bandung.

Kota Bandung ialah Ibu kota Jawa Barat ini memang sudah dikenal sebagai daerah favorit wisatawan.

Lokasinya yang strategis memberi kemudahan bagi wisatawan yang ingin sekadar menikmati kuliner khas Kota Kembang, berbelanja atau sebagai daerah transit menuju objek wisata.

Disparbud Jabar mencatat, Kota Bandung jadi daerah paling banyak dikunjungi dengan 2.431.290 wisatawan pada tahun lalu.

Kedua Kabupaten Pangandaran. Kabupaten Pangandaran menjadi tujuan favorit para pelancong yang ingin menikmati keindahan pantai dan wisata alam lainnya.

Berdasarkan catatan Disparbud Jabar ada 3.939.992 wisatawan yang datang selama tahun 2020 lalu.

Adapun sejumlah objek wisata paling banyak dikunjungi yakni, Pantai Karapyak, Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Citumang Bodyrafting, Cukang Taneuh dan Green Canyon.

Yang ketiga ialah Kabupaten Bandung Barat. Wilayah yang terletak di utara Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat merupakan daerah paling banyak dikunjungi wisatawan selama 2020.

Disparbud Jabar mencatat ada 3.440.529 wisatawan baik domestik atau mancanegara.

Sejumlah objek wisata yang sering dikunjungi dan diunggah lewat media sosial antara lain, Maribaya Natural Hotspring, The Lodge Maribaya, Dago Dream Park, Farm House, Floating Market dan The Great Asia Afrika.

Yang terakhir ialah Kabupaten Garut. Daerah yang berjarak sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Bandung, Kabupaten Garut jadi salah satu daerah yang punya daya tarik bagi wisatawan.

Adapun daerah yang dikenal dengan camilan Dodol ini punya variasi objek wisata yang beragam. Dari mulai area pegunungan hingga pesisir pantai yang eksotik.

Sepanjang tahun 2020, Kabupaten Garut telah dikunjungi oleh 1.907.007 wisatawan domestik dan mancanegara.

Sejumlah destinasi wisata yang terfavorit antara lain, Kawasan Wisata Cipanas, Kawah Darajat, Pantai Santolo, Pantai Rancabuaya dan Situ Bagendit.
Baca juga: Disparbud Jabar sebut Lido Music & Art Center MNC Lido City wisata baru milenial
Baca juga: Disparbud sebut kalender agenda wisata Jabar 2021 digelar secara daring dan luring

 
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar