Perenang Federica Pellegrini bakal cetak rekor kepesertaan di lima Olimpiade

id Federica Pellegrini,renang olimpiade,Italia

Perenang Federica Pellegrini bakal cetak rekor kepesertaan di lima Olimpiade

Ilustrasi: Sejumlah atlet bertanding pada penyisihan Renang Gaya Kupu-kupu 50m Putri Kejuaraan Akuatik Dunia FINA ke-18 di Nambu University Municipal Aquatics Center, Gwangju, Korea Selatan, Jumat (26/7/2019). (REUTERS/STEFAN WERMUTH)

Jakarta (ANTARA) - Bintang renang Italia Federica Pellegrini memastikan tampil di Olimpiade Tokyo yang merupakan Olimpiade kelima sepanjang kariernya setelah dia memenuhi limit waktu kualifikasi untuk nomor gaya bebas 200m putri.

Pemegang rekor dunia dan juara Olimpiade 2008 untuk nomor tersebut membukukan waktu 1 menit 56,69 detik, sementara catatan waktu untuk lolos kualifikasi Olimpiade adalah 1 menit 56,90.

"Ini bukan perjalanan beberapa bulan yang mudah, tapi sekarang saya bisa bernafas lebih lega," kata atlet berusia 32 tahun itu dan sempat dinyatakan positif terpapar COVID-19 pada Oktober lalu.

Pada Olimpiade Tokyo musim panas ini, juara dunia enam kali untuk nomor 200m dan 400m ini bisa menjadi perenang pertama yang ikut dalam lima kali Olimpiade untuk nomor pertandingan yang sama.

Dia telah memenangkan medali perak di Olimpiade 2004 dan mendulang emas pada tahun 2008. Dia juga berpartisipasi di Olimpiade London tahun 2012 dan Olimpiade Rio pada 2016.