Kemenag: Penguatan pendidikan muatan lokal bantu deradikalisasi

id Deradikalisasi, pendidikan muatan lokal, kanwil Kemenag lampung

Kemenag: Penguatan pendidikan muatan lokal bantu deradikalisasi

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Untuk melakukan upaya deradikalisasi kita harus memberikan pendidikan akan keberagaman sedini mungkin kepada anak, ujar Juanda
Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim mengatakan adanya penguatan pendidikan muatan lokal di satuan pendidikan menjadi upaya melakukan deradikalisasi.

"Untuk melakukan upaya deradikalisasi kita harus memberikan pendidikan akan keberagaman sedini mungkin kepada anak," ujar Juanda di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan pendidikan keberagaman tersebut dapat dilakukan melalui penguatan pendidikan muatan lokal di setiap sekolah.

Baca juga: Kemenag Lampung siapkan vaksinasi 7.050 calon haji

"Di madrasah kita akan melakukan penguatan dalam pendidikan muatan lokal, sebab Lampung memiliki banyak filosofi budaya yang mengajarkan menjaga persatuan atas keberagaman, salah satunya filosofi Muakhi (persaudaraan)," katanya.

Ia menjelaskan dengan melakukan pendekatan-pendekatan berbasis muatan lokal di satuan pendidikan diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan keberagaman bagi generasi muda.

"Diharapkan dengan adanya penguatan pendidikan muatan lokal, para remaja dapat mempelajari keberagaman yang ada, salah satunya di Lampung," ucapnya.

Baca juga: Kemenag Bandarlampung dorong guru honor daftar PPPK

Menurutnya, masyarakat diharapkan dapat terus menjaga kerukunan serta kebersamaan dalam perbedaan yang ada, dan tidak terprovokasi atas adanya kejadian teror yang terjadi beberapa hari lalu.

"Diharapkan masyarakat dapat terus menjaga kerukunan antar umat beragama, sehingga persatuan dan kesatuan dapat terus terjaga di Lampung," katanya.