Kebakaran tangki kilang minyak Balongan belum dapat dipadamkan

id Kebakaran kilang minyak

Kebakaran tangki kilang minyak Balongan belum dapat dipadamkan

Mobil pemadam kebakaran melintas di lokasi kebakaran. ANTARA/Khaerul Izan

Indramayu (ANTARA) - Kebakaran yang terjadi di salah satu tangki kilang minyak RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, belum dapat dipadamkan, namun dipastikan sudah dapat dikendalikan.

"Dibanding dengan semalam, saat ini kobaran api sudah mulai berkurang," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri di Indramayu, Senin.

Ia menuturkan langsung melihat ke lokasi kejadian dan mendapatkan penjelasan dari Pertamina, terkait proses penanganan kebakaran di kilang minyak Pertamina.

Dofiri mengatakan saat ini lokasi tangki yang terbakar sudah dilakukan isolasi, agar api tidak menyebar ke tangki lainnya yang berada di sekitar lokasi.

"Langkah awal yang bisa dilakukan yaitu dengan mengisolasi kobaran api, jangan sampai menyambar ke tangki lainnya," ujarnya.

Dia menambahkan penanganan kebakaran di kilang minyak memang tidak seperti biasa, karena butuh cara khusus dan penanganan juga terus berkoordinasi dengan Pertamina.

Selain itu, dari informasi yang ada juga bantuan dari Pertamina Cilacap dan juga Jakarta. Bantuan itu diharapkan bisa segera menangani kebakaran yang terjadi.

"Apabila apinya sudah mulai meredup kemungkinan akan dilakukan segera pemadaman, karena penanganannya tidak seperti kebakaran biasa. Kami mendapatkan laporan adanya bantuan dari Cilacap dan Jakarta, mudah-mudahan nanti siang bisa datang," katanya.