Pemkab Lampung Timur berupaya naikkan harga singkong

id singkong, Lampung TImur

Pemkab Lampung Timur berupaya naikkan harga singkong

Wakil Bupati Lampung TImur Azwar Had (Antara Lampung/M Misaf Khandiasih)

Lampung Timur (ANTARA) - Menindaklanjuti hasil musyawarah rencana pembangunan (musrenbang), Pemerintah Kabupaten Lampung Timur segera menggelar pertemuan dengan perusahaan tapioka di daerah itu untuk mendorong kenaikan harga singkong.

"Saat musrenbang, warga mengeluhkan masalah harga singkong yang cenderung merugikan petani. Berangkat dari keluhan mereka, kami akan menindaklanjuti hal tersebut," kata Wakil Bupati Lampung TImur Azwar Hadi di Lampung TImur, Kamis (25/3).

Azwar mengatakan, pertemuan yang digelar Jumat ( 26/03) akan membahas harga singkong dan mekanisme potongan harga.

“Besok rencananya kami panggil pengusaha-pengusaha singkong yang berada di Lampung Timur untuk mempertanyakan mekanisme harga. Jadi besar potongan itu juga yang bermasalah, di mana keluhan petani itu misalnya harga singkong Rp900/kg, tapi potongannya bisa mencapai 30 persen. Dan yang bisa menjawab ini hanya pengusaha,” tambahnya.

Baca juga: Petani singkong Lampung menangis, LaNyalla beri solusi soal harga anjlok

Pertemuan besok, lanjut Azwar, bukan hanya membahas soal harga singkong, tapi juga menjadi ajang silaturahmi antara Pemkab Lampung Timur dan pengusaha.

“Selain itu, itikad mendatangi pengusaha juga sebagai ajang silaturahmi perkenalan kami selaku Bupati dan Wakil Bupati yang baru,” katanya.

Sementara untuk mengantisipasi turunnya harga singkong, pemerintah provinsi sudah mematok harga Rp900 per kilogram. Dengan adanya patokan harga seperti ini, memungkinkan harga malah akan naik, bukan turun.

Pemerintah Kabupaten Lampung Timur berharap dengan diadakannya audiensi akan membuat keharmonisan antara masyarakat dan pengusaha.

“Kami berharap para pengusaha turut serta dalam pembangunan Lampung Timur untuk menjaga kondusivitas perusahaan agar terus harmonis dengan masyarakat," pungkasnya.


Baca juga: Harga ampas singkong anjlok

Baca juga: Harga singkong di Lampung Tengah disepakati Rp900 per kilogram
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar