Tiga gol Lewandowski antar 10 pemain Bayern bungkam Stuttgart 4-0

id liga jerman,bayern muenchen,stuttgart,robert lewandowski,serge gnabry,alphonso davies

Tiga gol Lewandowski antar 10 pemain Bayern bungkam Stuttgart 4-0

Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai melengkapi raihan trigol ke gawang VfB Stuttgart dalam lanjutan Liga Jerman di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Jerman, Sabtu (20/3/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Matthias Balk)

Jakarta (ANTARA) - Robert Lewandowski mengemas hattrick saat Bayern Muenchen yang harus menuntaskan pertandingan dengan 10 pemain namun mencukur VfB Stuttgart 4-0 dalam laga pekan ke-26 Liga Jerman di Stadion Allianz Arena, Sabtu.

Pertandingan baru berjalan 11 menit ketika Alphonso Davies melakukan pelanggaran keras terhadap Wataru Endo yang segera direspon wasit Daniel Schlager dengan memberi kartu kuning.

Namun, setelah diberi masukan oleh VAR, Schlager menaikkan hukumannya menjadi kartu merah sehingga Davies harus memasuki ruang ganti jauh lebih awal dari rekan-rekannya.

Bukannya tertekan karena bertanding 10 lawan 11, Bayern malah membuka keunggulan pada menit ke-17 melalui sambaran keras Lewandowski setelah menyambut umpan tarik Serge Gnabry.

Baca juga: Lewandowski anggap kartu merah Alphonso Davies jadi titik balik Bayern

Lima menit kemudian keunggulan itu digandakan oleh Gnabry yang melepaskan sepakan melengkung dari umpan kiriman Leroy Sane setelah menuntaskan kerja sama satu dua sentuhan bersama Thomas Mueller.

Lewandowski tak butuh waktu lama untuk mencetak gol keduanya saat menanduk umpan silang Mueller satu menit kemudian untuk membuat Bayern memimpin 3-0 atas Stuttgart setelah 23 menit hanya dengan 10 pemain di lapangan.

Enam menit menjelang turun minum, Lewandowski melengkapi tiga golnya dengan memanfaatkan bola liar hasil antisipasi buruk Gonzalo Castro yang berusaha menghentikan umpan Sanedemi untuk memperlebar marjin keunggulan Bayern menjadi 4-0.

Stuttgart berusaha keras memanfaatkan ketimpangan jumlah pemain di lapangan saat memasuki babak kedua, tetapi peluang mereka lewat sundulan Sasa Kalajdzic bisa diselamatkan kiper Manuel Neuer.

Bayern terus berusaha memperlebar keunggulan mereka kendati dalam situasi tak ideal melalui sepakan Sane yang melepaskan tembakan melengkung tipis di sisi gawang Stuttgart pada menit ke-72.

Baca juga: Erling Haaland hindarkan Dortmund dari kekalahan di Cologne

Daya juang para pemain Bayern tak surut hingga periode akhir laga namun dua peluang lain yang diciptakan Eric Maxim Choupo-Moting dan Leon Goretzka melenceng dari sasaran, tetapi tim besutan Hansi Flick itu tetap bisa menutup pertandingan dengan kemenangan meyakinkan 4-0.

Kemenangan itu memantapkan posisi Bayern pada puncak klasemen dengan koleksi 61 poin dan kembali menjauh dari kejaran RB Leipzig yang terpaut empat poin di bawah mereka.

Sedangkan Stuttgart (36) yang harus rela catatan lima laga tanpa kalah berakhir, tak beranjak dari urutan kedelapan klasemen, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Setelah  jeda internasional kedua tim akan kembali merumput awal April nanti ketika Bayern melawat ke markas Lezpig dan Stuttgart menjamu Werder Bremen di Mercedes-Benz Arena.

Baca juga: Gladbach mengakhiri penantian panjang kembali ke jalur kemenangan
Baca juga: Andrea Pirlo senang terus bersama Ronaldo musim depan
Baca juga: Real Madrid persempit jarak dengan Atletico setelah bungkam Celta 3-1