Sang legenda Leeds United Hotshot Lorimer meninggal dunia

id Liga Inggris,Leeds United,Peter Lorimer

Sang legenda Leeds United Hotshot Lorimer  meninggal dunia

Peter Lorimer (kanan) mencetak gol untuk Leeds United saat melawan Barceloan dalam semifinal Piala Eropa 26 April 1975 di Muenchen, Jerman. (Photo by STAFF / AFP) (AFP/STAFF)

Jakarta (ANTARA) - Peter Lorimer yang menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Leeds United, dan pemain terpenting dalam skuad legendaris klub ini saat dilatih Don Revie, meninggal dunia pada usia 74 tahun, diumumkan klub itu seperti dikutip AFP, Minggu.

Mantan gelandang Timnas Skotlandia itu terkenal dengan julukan 'Hotshot Lorimer' dan mencetak 238 gol dalam 705 penampilan untuk Leeds selama 23 tahun.

Bersama dengan dua rekan senegaranya Billy Bremner dan Norman Hunter, mereka menjuarai liga Inggris pada musim 1968-1969 dan 1973-74, serta Piala FA edisi 1972 di bawah kepelatihan Revie.

"Dengan kesedihan mendalam, Leeds United menyampaikan kabar meninggal dunianya legenda klub Peter Lorimer pagi ini dalam usia 74 tahun, setelah sakit yang lama dideritanya," tulis klub Liga Inggris itu.

"Dengan kemampuannya menciptakan ketakutan kepada penjaga gawang lawan dengan tendangannya yang mematikan, Peter terkenal mendapatkan julukan 'Hotshot' dan 'Lasher' dari pendukungnya."

Lorimer juga anggota skuad Leeds saat dilatih Jimmy Armfield yang mencapai final Piala Eropa 1975, ketika golnya dianulir saat kalah secara kontroversial 0-2 melawan Bayern Muenchen di Paris.