456 calon haji berusia lanjut jalani vaksinasi COVID-19

id vaksinasi calon haji,vaksinasi lansia,vaksinasi covid

456 calon haji berusia lanjut jalani vaksinasi COVID-19

Sejumlah warga berusia lanjut anggota jamaah calon haji menjalani pemeriksaan sebelum menerima suntikan vaksin COVID-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (19/3/2021). Mereka akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada musim haji tahun ini kalau otoritas Arab Saudi memutuskan untuk kembali menerima jamaah haji. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/rwa)

Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Sebanyak 456 warga berusia lanjut anggota jamaah calon haji menjalani vaksinasi COVID-19 di Stadion Wibawa Mukti, Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat.

"Vaksinasi khusus lansia yang Insya Allah akan menjadi tamu Allah SWT ini ditargetkan selesai hari ini juga," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti di Stadion Wibawa Mukti Cikarang.

"Luar biasa semangat orang tua kita, mereka sudah benar-benar rindu, ingin segera berangkat ke Tanah Suci. Semoga otoritas Saudi Arabia memberi kuota keberangkatan orang tua kita tahun ini," katanya.

Sri Enny mengatakan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada anggota jamaah calon haji yang berusia lanjut dilakukan bersamaan dengan vaksinasi petugas pelayan publik.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti mendampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi (tengah) dan Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusuf Singka meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada jamaah calon haji di Stadion Wibawa Mukti Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Jumat (19/3/2021). (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).


Sri Enny mengatakan bahwa hingga saat ini tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaan vaksinasi pada warga lanjut usia anggota jamaah calon haji.

"Sejauh ini lancar, malah sebagian besar sangat antusias meskipun dengan kondisi yang memang namanya lansia ya pelan-pelan. Belum ada laporan berapa yang kategori tunda, vaksinasi juga masih berlangsung," katanya.

Menurut dia, jumlah warga lanjut usia di Kabupaten Bekasi yang terdaftar sebagai peserta vaksinasi COVID-19 di aplikasi PCare sebanyak 187.252 orang, termasuk di dalamnya jamaah haji. 

"Melalui akselerasi vaksinasi, kami menargetkan sehari bisa 10.000 kita kerjakan, jadi untuk total lansia mudah-mudahan selesai 18 hari," katanya. 

"Kami berharap distribusi vaksinnya lancar," ia menambahkan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi sudah mengajukan permintaan tambahan pasokan vaksin dan dijadwalkan menerima 17.500 dosis vaksin untuk memvaksinasi warga berusia lanjut.

"Kita tunggu saja. Prinsipnya begitu stok vaksin sudah menipis kita langsung laporkan dan menunggu dikirim lagi," kata Sri Enny.

Ia menambahkan, mulai Sabtu (20/3) vaksinasi warga lanjut usia akan dilakukan di seluruh fasilitas kesehatan, termasuk puskesmas, rumah sakit, dan klinik.


 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar