PT Telkom jalin sinergi dengan tujuh BUMN pariwisata perkuat sektor wisata domestik-global

id sektor wisata,telkom,bumn pariwisata,PT Telkom

PT Telkom jalin sinergi dengan tujuh BUMN pariwisata perkuat sektor wisata domestik-global

Telkom menjalin sinergi dengan tujuh BUMN pariwisata melalui penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Dukungan Terhadap Program Strategis BUMN Ekosistem Pariwisata. Dokumentasi Telkom

PT Telkom menyediakan solusi, platform, dan layanan digital
Jakarta (ANTARA) - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menjalin sinergi dengan tujuh BUMN pariwisata dalam rangka memperkuat sektor wisata Indonesia dari domestik hingga kancah global.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara mengatakan bahwa Telkom berkomitmen untuk memperkuat pengembangan sektor pariwisata melalui digitalisasi serta optimalisasi infrastruktur, platform, dan layanan digital.

“Kami akan menyediakan solusi, platform, dan layanan digital yang diperlukan dalam pelaksanaan program strategis BUMN Ekosistem Pariwisata, sehingga bermanfaat dalam mengakselerasi digitalisasi di sektor pariwisata dan pendukungnya,” ujar Edi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dalam rangka membangkitkan kembali sektor pariwisata di Indonesia dan menghadapi tantangan ke depan, telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang dukungan terhadap program strategis BUMN ekosistem pariwisata antara Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Ririek Adriansyah dengan Direktur Utama dari tujuh BUMN yang akan tergabung dalam Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung.

Tujuh BUMN tersebut meliputi PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero), PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero), Hotel Indonesia Natour (Persero), dan PT Sarinah (Persero).

Sebelumnya, Telkom telah menunjukkan dukungannya terhadap sektor pariwisata Indonesia melalui Indonesia Travel & Tourism Digital Platform Wonderful Indonesia (wonderin.id) yang menghadirkan cara baru untuk pengembangan ekosistem pariwisata di Indonesia.

Platform ini menghadirkan marketplace untuk membangun jembatan serta jaringan yang kuat dengan partner pariwisata dalam pengelolaan inventori, menyederhanakan akses distribusi serta informasi dan analisis bisnis perjalanan untuk meningkatkan pengalaman transaksi bagi para partner.

Orientasi dari digital platform ini adalah untuk mendukung digitalisasi desa wisata dan bergerak sebagai pusat penyedia informasi lengkap bagi para wisatawan yang ingin melihat keindahan Indonesia. Dengan penggunaan platform digital, tentunya akan meningkatkan kembali minat wisata.

Selain digital platform wonderin.id, Telkom juga memiliki solusi digital end-to-end Corporate Travel Management (TravelAja) dengan sistem yang terintegrasi penuh dengan proses pemesanan dan penerbitan tiket yang mencakup transportasi, akomodasi, dan biaya perjalanan lainnya.

“Dengan semangat sinergi mari kita sukseskan program strategis BUMN Ekosistem Pariwisata ini. Telkom berkomitmen untuk terus mendukung digitalisasi sektor pariwisata serta sektor industri lainnya. Semoga dengan  semangat ini, kita dapat turut meningkatkan perekonomian bangsa, memajukan dan menjadikan Indonesia lebih baik lagi,” kata Edi.
Baca juga: PT Telkom jajaki kerja sama dengan Cisco, kembangkan bisnis cloud
Baca juga: IndiHome siarkan langsung pertandingan Piala Dunia 2018