Rangers bawa bekal gol tandang kontra Slavia Praha

id liga europa,rangers,slavia praha,nicolae stanciu,filip helander

Rangers bawa bekal gol tandang kontra Slavia Praha

Pemanis sayap Rangers Ianis Hagi (kiri) berebut bola dengan gelandang Slavia Praha Tomas Holes dalam pertandingan leg pertama 16 besar Liga Europa di Stadion Sinobo, Praha, Republik Ceko, Kamis (11/3/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/David W. Cerny)

Jakarta (ANTARA) - Rangers membawa bekal gol tandang dari leg pertama 16 besar Liga Europa kontra Slavia Praha setelah bermain imbang 1-1 di Stadion Sinobo, Praha, Republik Ceko, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Bekal itu cukup positif bagi tim besutan Steven Gerrard yang akan menjamu Slavia di Ibrox untuk leg kedua pekan depan.

Sempat tertinggal akibat gol cepat Nicolae Stanciu, Rangers mampu menyamakan kedudukan melalui Filip Helander kendati cukup kesulitan menemukan ritme terbaiknya, demikian catatan laman resmi UEFA.

Pertandingan belum genap berusia tujuh menit ketika gawang Rangers dibobol oleh tuan rumah saat Stanciu melepaskan tembakan melengkung dari tepian kotak penalti ke pojok kanan bawah gawang, jauh dari jangkauan kiper Allan McGregor.

Slavia hampir menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-11, setelah Stanciu melewati hadangan dua pemain Rangers sebelum mengirim umpan terobosan yang berusaha diselesaikan Lukas Provod, tetapi Connor Goldson mampu menghalau bola yang hanya berujung sepak pojok.

Slavia terus menekan tetapi dua peluang berikutnya dari situasi bola mati berakhir diamankan McGregor serta sundulan Alexander Bah yang menyamping.

Alih-alih justru Rangers yang mampu mencetak gol balasan pada menit ke-36 saat Helander bereaksi cepat untuk menyontek bola umpan tarik Ianis Hagi di muka gawang.

Kendati tak banyak mengendalikan bola di babak kedua, Rangers beberapa kali mengancam gawang tuan rumah tiap berkesempatan membangun serangan, termasuk sepakan sentuhan pertama Ryan Kent yang sayangnya masih bisa ditepis kiper Ondrej Kolar ke atas mistar gawang pada menit ke-65.

Rangers juga mengancam lagi pada menit ke-78 saat Alfredo Morelos mencuri penguasaan bola dari Provod di tengah lapangan, yang mampu dikejar Kent tetapi tembakan sudut sempit jebolan akademi Liverpool itu bisa dihadang dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Slavia tampak bangkit di periode akhir laga dan tepat di pengujung waktu normal hampir mencetak gol kemenangan saat Lukas Masopust mampu menyambut sepak pojok Provod dengan sundulan tajam, tetapi McGregor melakukan penyelamatan gemilang demi memaksa skor imbang bertahan hingga bubaran.