Disbudpar Provinsi Aceh gelar balap sepeda Tour de Koetaradja 14 Maret 2021

id aceh,Balap sepeda,Wisata,wisata aceh

Disbudpar Provinsi Aceh gelar balap sepeda Tour de Koetaradja 14 Maret 2021

Kadisbudpar Aceh Jamaluddin. ANTARA

Upaya menggairahkan kembali industri pariwisata Aceh

Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh akan menggelar ajang balap sepeda Tour de Koetaradja pada 14 Maret 2021 guna mengairahkan pariwisata Aceh.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya menggairahkan kembali industri pariwisata Aceh yang telah lama vakum akibat pandemi COVID-19,” kata Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin di Banda Aceh, Minggu.

Ia menjelaskan kegiatan road bike dengan mengusung tema "Explore Koetaradja & Feel the Sensation" menggunakan konsep sport tourism dengan jumlah peserta 200 orang dari berbagai kota, termasuk Medan, Jakarta dan Bandung.

Dalam kegiatan tersebut Sondi Sampurno, satu-satunya race director internasional balap sepeda jalan raya yang dimiliki Indonesia juga akan hadir untuk menyukseskan acara tersebut.

Ia mengatakan kegiatan tersebut memperlombakan dua kelas yakni King of Mountain (KOM) dengan kelompok umur, 17-34 tahun, 35-44 tahun, dan 45-54 tahun, serta Queen of Mountain (QOM) tanpa ada pengelompokan umur.

Adapun jarak yang akan ditempuh sejauh 71 km dimulai dari Museum Aceh, Simpang Kodim, lalu melewati Masjid Raya Baiturrahman, Jembatan Pante Pirak, Simpang Jambo Tepe hingga Simpang Mesra. Kemudian, Gampong Kajhu, Gampong Krueng Raya, dan naik ke Barbate Hill.

Kemudian, melewati Bukit Radar sampai ke Kecamatan Blang Bintang. Setelah Gampong Siron, sampai ke Lambaro, kemudian Pagar Air, melewati Fly Over Simpang Surabaya dan finish kembali di Museum Aceh.

"Tour de Koetaradja pesertanya 35 persen dari luar Aceh dengan jumlah totalnya 200 peserta. Kegiatan wisata tidak hanya berguna dalam memperkenalkan Aceh lebih dekat kepada wisatawan, tapi juga mendukung industri pariwisata Aceh di era adaptasi kebiasaan baru (AKB) serta juga akan meningkatkan perputaran uang di sana, termasuk juga ekonomi," kata Jamaluddin.

Ia berharap melalui kegiatan Tour de Koetaradja, tersampaikan pesan bahwa Aceh merupakan daerah wisata unggulan tidak hanya alam dan budayanya, namun juga kegiatan yang dihadirkan melalui spirit "The Light of Aceh".

Ia mengatakan road bike dipandang memiliki peluang besar untuk menggaet peminat, mengingat antusiasme masyarakat bersepeda meningkat pesat selama pandemi COVID-19.

Kepala Bidang Pemasaran   Rahmadhani menambahkan popularitas wisata olahraga sepeda meningkat pesat di masa pandemi COVID-19.

Ia mengatakan peserta Tour de Koetaradja diberikan jersey, kaos kaki, cycling cap, suplemen strive dan untuk protokol kesehatan (prokes), peserta diwajibkan membawa surat keterangan negatif rapid antigen.

Panitia juga menyediakan wastafel,  hand sanitizer dan wajib menggunakan masker.
Baca juga: Pemkot Banda Aceh kembali tata destinasi wisata unggulan di Ulee Lheue
Baca juga: Aceh gelar Festival Kopi Kutaraja