Polresta Bandarlampung mulai uji coba tilang elektronik

id polresta bandarlampung, tilang elektronik, etle

Polresta Bandarlampung mulai uji coba tilang elektronik

Petugas Satlantas Polresta Bandarlampung tengah memeriksa kendaraan (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandarlampung mulai mengujicobakan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah titik di Ibu Kota Provinsi Lampung ini.

"Uji coba ini dijadwalkan selama dua hari mulai Kamis-Jumat," kata Kasatlantas Polresta Bandar lampung AKP Rafly Yusuf Nugraha di Bandarlampung, Rabu.

Ia menyebutkan dalam ETLE kali ini menyasar berbagai pelanggaran lalu lintas, seperti ada melanggar rambu dan marka jalan, menerobos lampu merah, tidak menggunakan sabuk keselamatan, menggunakan ponsel saat berkendara, serta tidak memakai helm.

Menurut dia, persiapan untuk uji coba dan menuju peluncuran ETLE ini semuanya sudah siap.

Pihaknya berharap uji coba yang dilakukan ini bisa berhasil dan menghasilkan yang signifikan bagi kemajuan lalu lintas Kota Bandarlampung.

Rafly menjelaskan mekanisme dalam uji coba ini di lima titik, akan mengecek langsung pelanggaran. Nantinya bersama Kantor Pos akan mengirimkan konfirmasi, nanti akan dievaluasi ke depannya.

"Untuk personel tidak ditempatkan di lokasi, karena pada konsepnya ETLE ini identifikasi plat nomor pengganti petugas di jalan raya," ujarnya.

Terkait persiapan alat, pihaknya sudah siapkan video trone ukuran 3x4 meter dan enam meja operator yang siap di "back office". Kemudian satu Ruangan Penegakan Hukum (Gakkum), untuk konfirmasi bagi masyarakat yang klaim dan keluhan pelanggaran agar lebih jelas.

Terkait denda tilang, Rafly belum bisa memastikan denda yang bakal diterapkan. Sebab hal ini nantinya, bakal dievaluasi bersama pihak terkait setelah dilakukan uji coba bersama.

Sebelumnya, kepolisian telah memasang lima titik ETLE dan 10 titik dipasang kamera pemantau. Sebanyak lima titik yang dipasang kamera ETLE yakni Jalan Sultan Agung Simpang TL Kimaja dari (Arah Fly Over Kimaja), Jalan Cut Nyak Dien Simpang TL Tamin dari (Arah Agus Salim Bawah), dan Jalan Pattimura TL Begadang Resto dari (arah Jalan Pattimura). Kemudian di Jalan ZA Pagar Alam tepatnya JPO UBL dari (dari dua arah) dan Jalan Kartini JPO Garuda.
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar