Kanwil Kemenag Lampung mulai data tokoh agama penerima vaksin tahap dua

id Corona Lampung, vaksinasi tahap kedua, vaksinasi tokoh agama

Kanwil Kemenag Lampung mulai data tokoh agama penerima vaksin tahap dua

Ilustrasi- Vaksinasi COVID-19 di Provinsi Lampung. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Lampung mulai melakukan pendataan bagi tokoh agama yang akan menerima vaksinasi COVID-19 tahap kedua.

"Kami telah melakukan pendataan bagi tokoh agama dan ormas keagamaan yang nantinya akan menerima vaksinasi COVID-19 tahap kedua," ujar Kepala Kanwil Kemenag Lampung, Juanda Naim saat dihubungi di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan hasil pendataan tersebut kemudian akan diusulkan kepada Dinas Kesehatan Lampung.

"Yang saat ini telah terdata ada 40 orang dan mungkin akan bertambah," katanya.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi tokoh agama perlu segera dilakukan sebab tokoh agama langsung berinteraksi dengan masyarakat.

"Kita berharap dapat segera dilakukan vaksinasi bagi tokoh agama, sebab mereka selalu melakukan aktifitas pembinaan di tengah umat dan langsung berinteraksi dengan masyarakat," katanya lagi.

Hal serupa juga dikatakan oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lampung Muhammad Bahruddin.

"Sudah ada pendataan bagi tokoh agama ataupun pengurus majelis, namun saat ini dalam tahapan koordinasi sebab semua pencatatan menjadi kewenangan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama," ujar Muhammad Bahruddin.

Ia menjelaskan vaksinasi bagi tokoh agama serta pengurus majelis agama dilakukan sebagai upaya menjaga dan membangun kepercayaan akan pentingnya vaksinasi.

"Untuk data jumlah yang mendaftar karena masih dalam tahap pendaftaran belum diketahui, namun kita imbau tokoh agama untuk segera mendaftarkan diri, diharapkan dengan adanya vaksinasi dapat menjaga masyarakat," ujarnya.