Tidak mencapai kata sepakat, Hansamu Yama tinggalkan Persebaya

id persebaya surabaya,piala menpora,hansamu yama,liga 1

Tidak mencapai kata sepakat, Hansamu Yama tinggalkan Persebaya

Dokumentasi: Pemain Persebaya Surabaya Hansamu Yama Pranata saat peluncuran kostum Persebaya pada ajang Surabaya Fashion Parade (SFP) 2019 di Convention Hall Tunjungan Plaza, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (24/4/2019). ANTARA FOTO/Moch Asim/hp/aa. (ANTARA FOTO/Moch Asim/Moch Asim)

Iya benar, Hansamu Yama sudah berpamitan dan sudah tidak berseragam Persebaya di musim ini
Surabaya (ANTARA) - Setelah tidak mencapai kata sepakat pada proses negosiasi perpanjangan kontrak,  Pesepak bola Hansamu Yama Pranata resmi meninggalkan Persebaya Surabaya.

"Iya benar, Hansamu Yama sudah berpamitan dan sudah tidak berseragam Persebaya di musim ini," ujar Sekretaris Tim Persebaya, Ram Surahman, ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu.

Hansamu Yama yang juga menjadi pemain langganan Timnas Indonesia tersebut bergabung dengan Persebaya pada 16 Januari 2019, lalu semusim penuh membela tim, dan pada musim berikutnya hanya beberapa pertandingan karena liga dihentikan akibat pandemi COVID-19.

Prestasi tertingginya bersama tim yaitu mengantar "Bajol Ijo" sebagai runner up Liga 1 musim kompetisi 2019 dan juara Piala Gubernur Jawa Timur 2020.

Menurut Ram, manajemen dan Hansamu Yama sudah sejak sepekan lalu melakukan pembicaraan dan menawari perpanjangan kontrak.

Manajemen, kata dia, sudah membahas opsi-opsi perpanjangan kontrak yang dikaitkan dengan kondisi saat ini, dan diakuinya sudah berusaha agar Hansamu Yama tidak meninggalkan "Kota Pahlawan".

Dalam negosiasi, lanjut Ram, juga sudah dijelaskan bahwa Persebaya akan mengontraknya satu musim kompetisi, meski liga belum pasti karena menunggu suksesnya Piala Menpora 2021.

"Tapi kami gagal ada kata sepakat, dan dia ingin mencari tantangan baru," ucap mantan wartawan tersebut.

Sementara itu, Hansamu Yama juga telah berpamitan melalui akun instagram pribadinya, @hannsamuyama pada Rabu pagi.

Ia mengaku akan selalu menjadi kenangan terindah dalam perjalanan karier sepak bola dan hidupnya karena pernah berkesempatan menjadi bagian dari klub sebesar Persebaya dan bekerja sama dengan manajemen, rekan bermain serta ditambah dukungan suporter, bonek dan bonita.

"Terima kasih semuanya, dari lubuk hati yang paling dalam saya memohon maaf jika ada salah selama ini. Lambang di dada jauh dari segalanya. Dan mulai saat ini izinkan saya untuk kembali lagi menjadi bonek seperti ini yang sebelum-sebelumnya. Matur suwun (terima kasih) Persebaya, matur suwun bonek dan bonita," tulisnya.

Tak hanya Hansamu Yama, striker lokal Persebaya, Patrich Wanggai juga telah berpamitan dan akan bermain di tim lain pada kompetisi mendatang.

Dengan demikian, tim kebanggaan arek-arek Suroboyo itu telah ditinggalkan sejumlah pemain andalannya sebelum kompetisi berjalan, yakni dua kiper Angga Saputra dan Rivky Mokodompit, kemudian dua bek Zoubairou Garba dan Nasir Buya, striker lokal Bayu Nugroho, serta gelandang enerjik Irfan Jaya. Kini ditambah Hansamu Yama dan Patrich Wanggai.

Sementara itu, bek yang saat ini dipanggil Timnas, Arif Satria sepakat melanjutkan kontraknya, dan manajemen mengumumkan bahwa Rizki Ridho, Koko Ari Araya, Supriyadi dan Rahmat Irianto tetap berkostum hijau-hijau karena masih terikat kontrak jangka panjang.