Harga gabah di Lampung turun

id harga gabah petani, harga gabah turun, komoditas lampung

Harga gabah di Lampung turun

Panen padi di Provinsi Lampung (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Harga gabah  tingkat petani dan penggilingan di Provinsi Lampung, pada Februari 2021 mengalami penurunan.

"Harga gabah kualitas gabah kering panen turun menyusul berlangsungnya panen padi di Lampung," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Lampung,  Faizal Anwar,  di Bandarlampung,  Selasa. 

Ia menyebutkan, harga gabah di tingkat petani kualitas GKP turun di bulan Februari 2021. Rata-rata harga gabah kelompok kualitas GKP di tingkat petani turun 5,65 persen dari Rp4.850 per kilogram. 

Menurutnya, dengan kualitas yang sama, harga gabah di tingkat penggilingan juga mengalami penurunan sebesar 5,5 persen dari Rp4.947 per kg. 

Faizal menjelaskan,  harga gabah tertinggi di tingkat petani mencapai Rp5.400 per kg pada gabah kualitas GKP dengan varietas Ciherang terdapat di Kecamatan Punggur, Kabupaten 
Lampung Tengah. 

Sedangkan harga gabah terendah mencapai Rp4.200 per kg pada gabah kualitas GKP dengan varietas Ciherang, Sarembo, dan Inpari32 terdapat di Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, dan Kecamatan 
Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah. 

"Harga tersebut sama dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yaitu Rp4.200,00 per kilogram, " jelasnya.

Kepala BPS Lampung itu menjelaskan,  
di tingkat penggilingan, harga gabah tertinggi Rp5.520 per kg pada gabah kualitas GKP dengan varietas Ciherang terdapat di Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah.

Sedangkan, lanjutnya,  harga gabah 
terendah kelompok kualitas GKP yaitu Rp4.300 per kg dengan varietas Ciherang, Sarembo, dan Inpari32 terdapat di Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, dan Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah. 

"Harga tersebut di atas HPP yaitu 
Rp4.250 per kilogram, " tambahnya.

Selama Februari 2021, survei harga produsen gabah mencatat 44 observasi. Observasi didominasi oleh kelompok gabah kualitas Gabah Kering Panen (GKP).