Australia kian dekat masuk kehidupan prapandemi COVID-19

id Australia, prapandemi, COVID-19

Australia kian dekat masuk kehidupan prapandemi COVID-19

Antrian penumpang yang berusaha berangkat dari Terminal Bandara Dalam Negeri Sydney di Sydney, Australia, Jumat (18/12/2020). Pemerintah negara bagian bertindak cepat untuk memperketat pembatasan pejalanan untuk warga New South Wales setelah penyebaran virus korona (COVID-19) di utara pantai Sydney. ANTARA FOTO/REUTERS/AAP Image/Dean Lewins/rwa/cfo (AAPIMAGE via Reuters Connect/DEAN LEWINS)

Melbourne (ANTARA) - Kehidupan di seluruh Australia semakin menuju normal prapandemi pada Sabtu, dengan negara bagian New South Wales dan Australia Selatan mengizinkan beberapa orang berdansa dan Victoria mengizinkan kerumunan yang lebih besar di acara olahraga.

Tiga negara bagian itu , rumah bagi hampir dua pertiga dari 25 juta orang Australia, mencatat tidak ada penularan komunitas pada Sabtu dari virus corona baru yang menyebabkan COVID-19. Untuk New South Wales, negara bagian terpadat, itu adalah hari ke-41 berturut-turut tanpa kasus lokal.

Negara bagian itu, selain mengizinkan hingga 30 orang untuk berdansa di pesta pernikahan, melonggarkan pembatasan lebih lanjut tentang jumlah pengunjung di rumah. Negara bagian Australia Selatan mengizinkan beberapa klub dansa mulai Jumat.

Orang-orang di Victoria, yang bulan ini memberlakukan penguncian ketat lima hari setelah wabah kecil virus corona, bangkit pada Sabtu karena aturan yang memungkinkan stadion menampung 50% kapasitas untuk acara olahraga.

Australia bernasib lebih baik daripada kebanyakan negara ekonomi maju berkat penutupan perbatasan yang cepat, kepatuhan masyarakat yang tinggi terhadap langkah-langkah kesehatan masyarakat dan pengujian serta penelusuran yang agresif. Negara ini telah melaporkan kurang dari 29.000 infeksi virus korona dan 909 kematian COVID-19.

Pada Senin, negara itu memulai program vaksinasi, dengan sekitar 60.000 dosis Pfizer / BioNTech diberikan kepada populasi prioritas, seperti staf perawatan lansia dan penyandang disabilitas, dan pekerja perlindungan perbatasan dan karantina.

Menteri Luar Negeri Marise Payne mengatakan dia menerima dosis pertama vaksin COVID-19 pada Sabtu sebagai bagian dari peluncuran yang bertujuan untuk menawarkan imunisasi kepada semua warga Australia pada Oktober.

"Ketepatan waktu vaksinasi juga akan membantu memfasilitasi kemungkinan perjalanan internasional dalam waktu dekat sehingga kami dapat terus menuntut kepentingan nasional yang vital dengan mitra internasional kami," kata Payne dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Vaksin AstraZeneca ditangguhkan di Afsel, Australia tenangkan warganya
Sumber: Reuters