Harga TBS kelapa sawit di Aceh naik Rp1.701/kg

id Berita Aceh,Berita Aceh Terkini,Berita Aceh Terbaru

Harga TBS kelapa sawit di Aceh naik Rp1.701/kg

Ilustrasi kelapa sawit. (Dok-ANTARA)

Suka Makmue (ANTARA) - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh saat ini mengalami kenaikan harga jual di kisaran harga Rp1.680 hingga Rp1.701 per kilogram.

Sebelumnya, pada Januari 2021, harga jual TBS kelapa sawit di daerah ini berada di angka Rp1.660 hingga Rp1.680 per kilogram.

“Kita berharap dengan naiknya harga jual TBS kelapa sawit ini, akan menguntungkan petani dan mendongkrak perekonomian masyarakat,” kata Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Nagan Raya Aceh Abdul Latif di Suka Makmue, Jumat (26/2).

Baca juga: Di tengah pandemi COVID-19, harga tandan buah sawit di Mesuji naik

Menurut dia, naiknya harga jual tersebut disebabkan beberapa hal, seperti meningkatnya kebutuhan minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) di dalam negeri, maupun untuk kebutuhan di luar negeri.

Selain itu, mulai pulihnya perekonomian secara nasional dan dunia sehingga juga berdampak terhadap kebutuhan konsumsi CPO.

Guna menjaga stabilitas harga jual TBS kelapa sawit di Aceh, kata Abdul Latif, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya bersama Pemerintah Aceh menetapkan standarisasi harga jual dengan cara menggelar rapat bulanan, untuk menetapkan harga TBS di Aceh.

Hal ini diharapkan dapat menguntungkan petani dan pelaku usaha, sekaligus menjaga agar harga TBS tetap stabil sesuai dengan kondisi pasar.

Menurut dia, penetapan harga TBS kelapa sawit bersama Pemerintah Aceh tersebut, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (Permentan) Nomor 14 Tahun 2013 tentang Pedoman Penetapan Harga TBS produksi pekebun.

“Di dalam peraturan ini, juga turut mengatur harga pembelian tandan buah segar produksi pekebun oleh perusahaan perkebunan atau pabrik kelapa sawit,” kata Abdul Latif.

Baca juga: Harga sawit di Jambi beransur naik

Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar