Air Terjun Moramo, objek wisata di BKSDA Sultra

id air terjun moramo, moramo, bksda sultra

Air Terjun Moramo, objek wisata di BKSDA Sultra

Pengunjung saat menikmati permandian Air Terjun Moramo di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (20/2/2021). (ANTARA/Harianto)

Konawe Selatan (ANTARA) - Aiir Terjun Moramo salah satu objek wisata Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra merupakan alternatif yang dipilih masyarakat baik warga di sekitar permandian maupun pengunjung dari luar daerah saat libur akhir pekan.

Berdasarkan pantauan Antara,  Sabtu, menyebutkan, objek wisata Air Terjun Moramo Suaka Margasatwa Tanjung Peropa yang terletak di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan  kembali ramai dikunjungi warga sejak penerapan normal baru pandemi COVID-19.

Untuk sampai ke lokasi permandian, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 1,2 kilometer dari area parkir karena tak bisa dilalui oleh kendaraan.

Sepanjang jalan menuju lokasi air terjun, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam dan hutan yang sejuk dan asri. Setiap langkah kaki diiringi musik gentaran dedauanan dari tiupun angin dan kicauan burung-burung sehingga menepis rasa lelah.

Setibanya di lokasi air terjun, pengunjung disuguhkan pemandangan alam yang sejuk dan asri, pengunjung juga dimanjakan dengan panorama air terjun yang indah nan bersih melewati bebatuan yang bertingkat dari atas ke bawah.

Indahnya permandian Air Terjun Moramo yang letaknya berada di tengah hutan membuat para pengunjung seakan tak mau beranjak karena merasa telah keluar dari hiruk pikuk kebisingan kota akibat suara-suara bising knalpot kendaraan.

 
Pengunjung saat menikmati permandian Air Terjun Moramo di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (20/2/2021). (ANTARA/Harianto)


Fatur (38) salah satu pengunjung mengatakan ia bersama keluarganya datang ke permandian tersebut untuk berekreasi mengisi waktu akhir pekan.

"Di sini datang dengan keluarga, kami puas mandi di sini karena permandiannya bagus, suasana alamnya masih asri, airnya juga sejuk, segar sekali kita mandi-mandi," kata Fatur salah pengunjung dari Kota Kendari.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Kolaka La Ode Kaida saat diwawancara via telepon selulernya, mengatakan objek wisata tersebut telah mulai dibuka namun dengan tetap penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Iya pak, kami sudah buka tapi dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Kaida.

Ia juga mengimbau para pengunjung agar memiliki kesadaran yang tinggi dalam menjaga kebersihan baik di jalan menuju objek wisata tersebut 0maupun di area permandian.

Air Terjun Moramo memiliki keindahan air terjun yang bertingkat-tingkat, airnya yang bersih serta pemandangan alam yang asri, ditambah lagi tiket masuk yang terbilang murah, setiap orang dikenakan tarif Rp10 ribu.