Pimpinan DPR minta kasus Kapolsek Astanaanyar diusut tuntas

id DPR RI,Polri,Kasus narkoba

Pimpinan DPR minta kasus Kapolsek Astanaanyar diusut tuntas

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. (ANTARA FOTO/ Reno Esnir/wsj/aa.)

Jangan sampai saat dirinya menjabat justru malah membantu para bandar narkoba untuk mengedarkan. Propam harus mengusut tuntas dan melakukan penyelidikan lebih mendalam, ujarnya

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta aparat kepolisian mengusut tuntas kasus narkoba yang menjerat Kapolsek Astanaanyar Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi diusut tuntas.

Menurut dia, dengan "segudang" pengalaman yang dimiliki Kompol Yuni seharusnya menjadi lebih "ganas" dalam memerangi dan memberantas narkoba, bukan justru malah ikut terlibat penyalahgunaan.

"Jangan sampai saat dirinya menjabat justru malah membantu para bandar narkoba untuk mengedarkan. Propam harus mengusut tuntas dan melakukan penyelidikan lebih mendalam," ujarnya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Kapolda jelaskan kronologi diciduknya Kapolsek Astanaanyar terkait narkoba

Dia menyayangkan kasus tersebut karena pengalaman yang dimiliki Kompol Yuni yang pernah menduduki posisi penting dan berpengalaman di bidang narkoba seperti Kasat Narkoba Polres Bogor dan pernah duduk di Direktorat Narkoba Polda Jabar.

Politisi Partai Golkar itu berharap pihak Polri dapat bersikap akuntabel dan transparan dalam proses penegakan hukum maupun sanksi yang diberikan kepada pelaku jika terbukti menyalahgunakan narkoba.

Baca juga: Kapolsek Astanaanyar terancam dipidanakan

Dia juga meminta ke depannya Polri harus melakukan tes urine secara rutin terhadap para personel Polri karena jangan sampai ada kesan Polri tertutup terhadap penanganan kasus anggotanya baik dari sisi hukuman dan sebagainya.

"Jangan sampai ada kesan Polri tertutup terhadap penanganan kasus anggotanya dari sisi hukuman dan sebagainya namun pada masyarakat justru sebaliknya. Jangan ada kesan penegakan hukum tajam ke bawah namun tumpul ke atas," katanya.

Baca juga: Kapolsek Astanaanyar diduga konsumsi narkoba dicopot jabatannya

Ia menambahkan, seharusnya anggota Polri memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, bukan justru memberikan contoh yang tidak baik dengan melakukan penyalahgunaan narkoba.