OJK Lampung optimistis industri keuangan di Lampung pulih

id otoritas jasa keuangan, ojk lampung, industri keuangan

OJK Lampung optimistis industri keuangan di Lampung pulih

Kepala OJK Provinsi Lampung Bambang Hermanto (ANTARA/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Lampung optimistis pemulihan ekonomi yang sedang berjalan sudah di jalur yang tepat (on the right track), namun perlu terus didorong, termasuk peningkatan kinerja dari industri jasa keuangan. 

"Pada  2021, perekonomian nasional maupun daerah diprakirakan terus membaik didukung kemajuan penanganan COVID-19 termasuk vaksinasi, pemulihan ekonomi global," kata Kepala OJK Provinsi Lampung Bambang Hermanto,  di Bandarlampung,  Rabu.

Selain itu, lanjut dia,  dukungan berbagai kebijakan strategis dari pemerintah, OJK dan otoritas terkait lainnya yang tergabung dalam Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) melalui paket kebijakan terpadu.

Ia menjelaskan  bahwa pandemi COVID-19 saat ini membawa pengaruh sangat besar terhadap perekonomian dan pasar keuangan global. 

Menururnya,  perekonomian nasional terkontraksi cukup dalam sehingga menekan kinerja sektor riil dan mengurangi pendapatan masyarakat. 

"OJK pada 2020 telah mengeluarkan berbagai kebijakan 'forward looking dan countercyclical policies' yang ditujukan untuk mengurangi volatilitas pasar, memberikan ruang bagi sektor riil untuk dapat bertahan, serta menjaga stabilitas sistem keuangan secara keseluruhan," ujarnya. 

Bambang mengatakan bahwa secara nasional kebijakan-kebijakan tersebut cukup efektif mengendalikan 'volatilitas inflow dan outflow' dan secara bertahap kembali memperkuat IHSG di pasar modal, sektor perbankan mampu mengelola risiko kredit tercermin rasio Non Performing Loan (NPL) yang tetap rendah.

Selain itu,  Bambang menambahkan permodalan terjaga dan likuiditas memadai serta tekanan di sektor industri keuangan non bank manageable dengan rasio Risk Based Capital (RBC) perusahaan asuransi dan Gearing Ratio perusahaan pembiayaan yang berada pada level terjaga di atas threshold ketentuan.