Pemprov Lampung targetkan produksi padi 3 juta ton

id produksi padi lampung, luas sawah lampung, stok beras, 3 juta ton

Pemprov Lampung targetkan produksi padi 3 juta ton

Sawah di Provinsi Lampung (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menargetkan  produksi padi di daerah ini pada 2021 mencapai 3 juta ton.

"Guna mendukung ketahanan pangan, pada tahun ini Pemerintah Provinsi Lampung menargetkan panen padi mencapai 3 juta ton melalui program tanam padi," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura, Kusnardi, di Bandarlampung,  Selasa.  

Ia mengharapkan target itu  akan tercapai dengan berbagai optimalisasi yang akan dilakukan. Optimalisasi yang dilakukan seperti perbaikan irigasi dan perbaikan lahan rawa untuk peningkatan luas tanam.

Selain itu, pihaknya akan meminta tambahan alokasi pupuk dari Kementerian Pertanian jika memang diperlukan agar target yang telah ditentukan dapat tercapai.

Terkait asuransi untuk lahan-lahan pertanian yang dilanda bencana, Provinsi Lampung menurutnya pada tahun ini mendapatkan alokasi untuk 20-30 ribu hektare. 

"Jumlah itu masih sangat minim, diharapkan akan tumbuh kesadaran dari petani untuk mengikuti secara mandiri asuransi untuk lahan pertanian karena langkah ini cukup penting dilakukan untuk menghindari kerugian akibat bencana," jelasnya. 

Berdasarkan data dari BPS, bahwa saat ini di Provinsi Lampung terdapat 544.000 hektare lahan panen, dengan produksi panen mencapai 79.000 ton atau naik sebesar 17,2 persen dari tahun 2019 yang hanya seluas 464.000 Ha.