DPRD Bandarlampung beri penghargaan kepada Wali Kota sebagai Bapak Pembangunan

id Herman HN,Wali kota,DPRD Bnadarlampung,Purna Tugas

DPRD Bandarlampung beri penghargaan kepada Wali Kota sebagai Bapak Pembangunan

Wali Kota Bandarlampung Herman HN saat menghadiri Sidang Paripurna Istimewa bersama DPRD. Senin. (15/1/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bandarlampung memberikan penghargaan Bapak Pembangunan kepada Wali Kota Herman HN sebab selama menjabat kurun waktu 2010 hingga 2021 telah banyak yang diperbuat dan dipersembahkan bagi masyarakat.

"Pertimbangan kita memberikan penghargaan 'Bapak Pembangunan' Kota Bandarlampung kepada Herman HN karena sudah banyak penghargaan yang diterimanya dan kerja nyata yang telah dirasakan masyarakat kita," kata Ketua DPRD Kota Bandarlampung, Wiyadi, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan bahwa mencermati sepak terjang Herman HN dalam kurun waktu dua periode memimpin Bandarlampung, bukan hanya pembangunan infrastruktur saja yang dibenahinya, namun pendidikan, kesehatan dan juga kerohanian masyarakat.

"Kita selaku DPRD juga kan pasti turun ke bawah dan banyak masyarakat yang menyampaikan aspirasinya bahwa memang pembangunan yang dilakukan Herman HN sangat terasa bagi mereka. Sekali lagi ini bukan hanya pembangunan infrastruktur tapi secara menyeluruh," kata dia.

Ia mencontohkan apa yang telah diperbuat Wali Kota Bandarlampung Herman HN seperti berhasil menaikkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dari Rp959 miliar menjadi Rp2 triliun pada 2021.

Kemudian, lanjut dia, yang lebih menjadi perhatian yakni program-program prioritas dan pembangunan yang telah dilaksanakan diantaranya di bidang pendidikan, wali kota telah menggulirkan pendidikan gratis bagi siswa sekolah dasar dan menengah yang merupakan program pertama di Indonesia.

Selanjutnya, program penyediaan perlengkapan sekolah bagi siswa kurang mampu, pemberian insentif guru yang merupakan honor murni dalam rangka meningkatkan mutu tenaga pendidik, Selain itu ada program beasiswa sampai selesai kuliah bagi siswa lulus SMA berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi yaitu ke Universitas Negeri Lampung Universitas Islam Negeri Raden Intan dan Institut Teknologi Sumatera.

 Kemudian di bidang kesehatan ada program berobat gratis bagi seluruh penduduk Kota Bandarlampung di Puskesmas dan Pusat Kesehatan Kelurahan serta rawat inap gratis di 12 rumah sakit swasta dan rumah sakit pemerintah selama lima hari di ruang perawatan kelas tiga untuk semua jenis penyakit.

"Program berobat gratis ini juga merupakan program pertama di Indonesia yang patut kita banggakan," kata dia.

Selain itu ada juga program melahirkan gratis dengan membawa kartu Keluarga dan KTP serta bantuan operasional bagi kader-kader posyandu disamping itu sarana dan prasarana kesehatan juga terus ditingkatkan salah satunya dengan penyediaan mobil ambulans gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

Sedangkan, kata dia, untuk bidang pembangunan infrastruktur yang dapat dirasakan manfaatnya saat ini dari sekian banyaknya yakni dalam kurun waktu dua periode terdapat pembangunan 10 jalan layang (flayover) dan satu jalan bawah tanah (underpass) guna mengatasi kemacetan di ruas-ruas jalan tertentu.

"Pembangunan dan normalisasi sungai serta saluran drainase untuk mengatasi masalah banjir dan masih banyak lagi seperti membantu pembangunan perkantoran Institusi seperti  Polresta, Kodim 0410/KBL, Korem 043 Gatam, Polda Lampung, Denpom, Kantor Kelurahan Kecamatan dan gedung-gedung perkuliahan di Itera, dan Unila serta pembangunan gedung SD dan SMP yang tersebar di 20 kecamatan," kata dia.

Ia pun mengatakan selama Herman HN menjabat Wali Kota juga telah banyak membuat program kerohanian agar masyarakat lebih beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang salah satunya yakni 
Umroh gratis, bantuan pembangunan masjid mushola dan pondok pesantren pembangunan menara Masjid Agung Al-furqon  dan masih banyak lagi.

"Atas dasar itulah kami DPRD melalui Pimpinan dan Ketua-Ketua fraksi sepakat memberikan piagam penghargaan dan menetapkan saudara Wali Kota Bandarlampung Herman HN sebagai "Bapak "Pembangunan Kota Bandarlampun. Kita sampaikan terima kasih atas pengabdiannya selama ini," katanya.