BPBD Kota Bandarlampung ingatkan masyarakat waspadai cuaca buruk

id bpbd bandarlampung, cuaca buruk, kota bandarlampung, angin puting beliung, banjir

BPBD Kota Bandarlampung ingatkan masyarakat waspadai cuaca buruk

Pohon tumbang akibat angin puting beliung (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung mengingatkan warga kota setempat untuk mewaspadai cuaca buruk yang terjadi di tengah puncak musim penghujan. 



"Hujan lebat disertai angin kencang yang sering terjadi menyebabkan banjir maupun pohon tumbang patut diwaspadai warga Bandarlampung," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bandar Lampung Sutarno, di Bandarlampung,  Jumat. 



Ia menyebutkan,  angin kencang atau angin puting beliung yang terjadi belum lama ini disertai hujan lebat membuat beberapa pohon tumbang di beberapa titik di daerah Kota Bandarlampung.



Bahkan, lanjut dia,  salah satunya menimpa kendaraan roda empat milik warga yang tengah melintas di daerah Kecamatan Tanjung Karang Barat.



Menurutnya, dengan adanya cuaca ekstrem saat ini masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terutama yang tinggal dekat dengan bantaran sungai.



Karena hujan yang lebat dapat menyebabkan banjir, warga yang tinggal di daerah lereng perbukitan juga diminta waspada akan potensi terjadinya tanah longsor.



Sutarno menambahkan,  BPBD Kota Bandarlampung  juga telah menyiapkan 12 pos siaga bencana dan 72 personel yang siaga 1x24 jam.



Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan satuan kerja terkait, yang juga merupakan bagian dari unsur BPBD, jika terjadi bencana seperti Dinas PU, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, TNI-Polri maupun BMKG untuk mengetahui informasi cuaca terkini.



 

Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar