Pemkab Aceh Tengah gandeng PKK kembangkan agrowisata taman bunga dan kebun sayur

id Aceh,pariwisata,Aceh Tengah,agrowisata,taman bunga,pemerintah aceh,provinsi aceh,pemprov aceh,wisata aceh tengah

Pemkab Aceh Tengah gandeng PKK kembangkan agrowisata taman bunga dan kebun sayur

Wisatawan memperhatikan penunjuk arah wisata taman bunga di kawasan Pantan Terong, Kabupaten Aceh Tengah, Kamis (16/7/2020). Antara Aceh/M Haris SA

Nanti akan dibudidayakan berbagai jenis tanaman hias
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Tim Penggerak PKK siap mengembangkan agrowisata taman bunga dan kebun sayur untuk dijadikan destinasi baru menarik kunjungan wisatawan di kawasan Bur Arul Item, Kampung Suka Damai, Kecamatan Pegasing.

"Lokasi di Kampung Suka Damai ini berpotensi besar untuk dijadikan objek wisata baru kekinian. Masyarakat nantinya punya pilihan destinasi wisata yang dibangun dari kegiatan dan binaan langsung Tim Penggerak PKK," kata Ketua TP-PKK Aceh Tengah Puan Ratna di Takengon, Sabtu,

Puan Ratna meyakini pengembangan agrowisata tersebut nantinya mampu memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat setempat serta mampu menopang pembangunan di desa tersebut.

Kawasan pegunungan Bur Arul Item di Kampung Suka Damai memiliki keindahan panorama alam tersendiri. Apalagi jika dipadukan dengan agrowisata taman bunga dan kebun sayur.

"Selain dapat menikmati keindahan alam, wisatawan nanti juga dapat melakukan aktivitas berkebun, seperti menanam bunga dan sayur, bahkan sampai memanennya," tutur Puan Ratna.

"Nanti akan dibudidayakan berbagai jenis tanaman hias, seperti bunga anggrek, krisan, dahlia dan juga mawar. Untuk bunga mawar, memiliki nilai ekonomis, bisa untuk bahan parfum, herbal, dan produk kosmetik," uja rPuan Ratna.

Pengembangan lokasi agrowisata tersebut nantinya juga akan didukung dengan fasilitas yang memadai seperti pembangunan homestay.

Selain taman bunga dan kebun sayur, kata Puan Ratna, rencananya juga dikembangkan sektor perikanan dan peternakandengan total luas lahan dua hektare.

"Konsep yang dikembangkan nantinya agrowisata edukasi pertanian. Di mana orang tua bisa mengajarkan kepada anaknya tentang bagaimana cara berkebun di lokasi itu," kata Puan Ratna.

Kabupaten Aceh Tengah berada di dataran tinggi Provinsi Aceh. Kabupaten ini dikenal dengan destinasi Danau Laut Tawar serta terkenal sebagai penghasil kopi arabika yang dikenal dengan kopi gayo.
Baca juga: Pengunjung destinasi wisata di Aceh sepi di tengah pandemi COVID-19 meski tempat wisata telah dibuka
Baca juga: Aceh perlu perbanyak sertifikasi wujudkan wisata halal