Mourinho sumringah, karena aspek emosional pemain Tottenham

id liga inggris,tottenham,jose mourinho

Mourinho sumringah,  karena aspek emosional pemain Tottenham

Manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho menyemangati para pemainnya saat menghadapi West Bromwich Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Minggu (7/2/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Matt Dunham)

Jakarta (ANTARA) - Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, tak mampu menyembunyikan rasa sumringahnya, yang diakuinya muncul karena aspek emosional para pemain ketika memetik kemenangan 2-0 atas West Bromwich Albion dalam laga pekan ke-23 Liga Inggris di London, Minggu.

Gol-gol Harry Kane dan Son Heung-min ke gawang West Brom memastikan Tottenham kembali ke jalur kemenangan, menyudahi rentetan buruk kekalahan beruntun di tiga pertandingan sebelumnya.

"Kami tidak boleh kalah tiga kali beruntun, empat kali beruntun, maka ini memang pertandingan besar bagi kami," kata Mourinho selepas laga dilansir laman resmi Tottenham.

"Saya sangat menyukai sikap, komitmen, kebersaaman dan hasrat para pemain untuk menang. Tentu saja saya menyukai penampilan tim dari segi permainan sepak bola, tetapi aspek emosional mereka, saya rasa para pemain sangat-sangat bagus," ujarnya menambahkan.

Kendati mampu tampil mendominasi permainan sejak sepak mula dan melepaskan lima percobaan, dua di antaranya tepat sasaran, Tottenham harus turun minum dalam keadaan nirgol.

Namun, frustrasi yang muncul akibat kegagalan memanfaatkan peluang itu dinilai Mourinho mampu ditaklukkan oleh para pemain Tottenham.

Bahkan ia tak ragu, menyebut penampilan solid itu lahir dari hati para pemainnya.

"Kami seharusnya sudah unggul saat turun minum, tetapi tidak, dan para pemain mampu mengatasi rasa frustrasi dan tekanan yang datang untuk terus mencoba mencetak gol di babak kedua, dan melakukannya dengan baik," katanya.

"Lantas, di periode akhir ketika West Brom bermain lebih cepat dan berusaha menciptakan masalah, para pemain bisa mengatasi itu. Saya anggap ini penampilan bagus dan solid, yang terutama datang dari kebesaran hati para pemain," pungkas Mourinho.

Kemenangan atas West Brom membuat Tottenham untuk sementara naik ke peringkat keenam klasemen dengan koleksi 36 poin, sembari menanti hasil pertandingan Chelsea (36) yang berlangsung lebih larut.

Tottenham selanjutnya akan melawat ke markas pemuncak klasemen Manchester City pada Sabtu (13/2), tetapi tiga hari sebelumnya mereka bakal lebih dulu bertandang ke Goodison Park menghadapi Everton dalam laga putaran kelima Piala FA.