Mitra binaan Pertamina sukses kembangkan produk olahan berbahan susu kambing

id pertamina, mitra bunaan, susu kambing, olahahan susu kambing, metro, Lampung

Mitra binaan Pertamina sukses kembangkan produk olahan berbahan susu kambing

Winarko (dua dari kanan) mitra binaan Pertamina sukses kembangkan produk olahan berbahan susu kambing (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Winarko Heri Setiono, salah satu peternak kambing perah asal Metro Timur, Lampung  merupakan mitra binaan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel yang sukses mengembangkan produk olahan berbahan susu murni.

"Berbagai produk susu yang dihasilkan diantaranya susu segar, susu kambing segar yang dikemas dalam botol ukuran 250 ml dengan berbagai varian rasa serta susu bubuk," kata Winarko saat dihubungi dari  Bandarlampung,  Minggu. 

Ia menyebutkan  produk-produk tersebut sudah berhasil dipasarkan ke beberapa beberapa daerah Lampung, Palembang dan Pulau Jawa.

Win panggilan akrabnya mengatakan, usaha peternakan kambing perah Telaga Rizqy ini berdiri sejak tahun 2017 dan satu-satunya ada di Lampung. Menurutnya, susu kambing ini digemari masyarakat karena manfaat sehatnya.

Susu segar yang di pasarkan berasal dari peternakan 4 jenis kambing yaitu peranakan etawa, sanen, sapera dan jawa randu yang memiliki kelebihan diolah secara higenis , tidak berbau dan telah mendapat perizinan terdaftar. Omset yang dihasilkan dari penjualan susu ini mencapai 30 juta per bulannya.

"Terdapat 76 ekor kambing, kami berharap kemitraan dengan Pertamina dapat terus terjalin melalui penguatan modal usaha dan kedepannya memiliki lebih banyak jumlah kambing sehingga usaha susu murni dapat diproduksi lebih banyak lagi dan dapat dipasarkan di Supermarket, di beberapa kota di Indonesia,” ujar Winarko.

Setelah mendapat bantuan Program Kemitraan (PK) dari Pertamina, omset usaha Winarko meningkat, dengan membuka kerja sama dengan beberapa peternak kambing, yang mengirimkan hasil susunya untuk diolah. 

Susu kambing tidak hanya dijadikan susu segar dan susu cair saja, namun juga diolah menjadi susu bubuk sehingga dapat bertahan lama dan dapat meningkatkan jangkauan pemasaran hingga keluar kota.



 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar